Pembelajaran dimasa pandemi membuat satuan pendidikan berlomba-lomba dalam membuat platform pembelajaran daring. Salah satunya yang populer adalah Moodle. Pembelajaran yang ada saat ini cenderung pada pencapaian target materi kurikulum, lebih mementingkan pada penghafalan konsep bukan pada pemahaman. Siswa terkadang merasa jenuh dan bosan dengan pola pembelajaran yang ada saat ini. Dengan adanya E-learning dapat mempermudah guru maupun siswa dalam proses pembelajaran yang disajikan dalam bentuk konten interaktif (H5P). Konten interaktif (H5P) memungkinkan materi yang disajikan dapat lebih menarik serta siswa dalam berpartisipasi dalam memberikan respon terhadap materi secara langsung. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sebuah konten interaktif yang dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam menerima materi menggunakan Interaktive Book dan Interaktive Video. Pada penelitian ini, peneiti akan mengembangkan konten interaktif yang awalnya berupa Text biasa (ppt,pdf,doc) menjadi konten interaktif dalam bentuk interaktive book dan interaktive video menggunakan h5p pada e-learning moodle. Hasil penerapan konten interaktif (H5P) menunjukan bahwa konten H5P pada elearning moodle siswa cenderung lebih antusias dalam menerima materi dalam bentuk audio visual lewat interactive book dan interactive video serta masih banyak fitur h5p yang dapat disesuaikan dengan gaya belajar peserta didik.
Copyrights © 2022