Jurnal MediaTIK
Volume 5 Issue 2, Mei (2022)

Peningkatan Programming Skill Melalui Pendekatan Hemispheric Cognitive Style Collaboration (HCSC) Pada Mata Pelajaran PBO Siswa Kelas XI RPL

Enrico Pariu (SMKN 2 Poso Pesisir)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2024

Abstract

Berdasarkan pengamatan penulis yang berprofesi sebagai guru terhadap kemampuan siswa memahami alur pemrograman berorientasi object dan minat belajar siswa yang sangat rendah. Pada kegiatan praktikum pemrograman berorientasi objek siswa cenderung hanya mengcopy paste contoh program yang dibuat oleh guru, sehingga ketika dibawa ke kasus atau contoh soal yang berbeda siswa kesulitan mengeluarkan kemampuan nalarnya untuk memecahkan masalah tersebut secara mandiri. Adapun tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan keterampilan siswa membuat program. Model pembelajaran yang tepat sangat diharapkan untuk keefektifan pembelajaran. Metode HCSC berusaha mengoptimalkan fungsi kognitif belahan otak kiri dan kanan dalam mempelajari konsep OOP yang membutuhkan kemampuan kognitif seperti abstraksi, analisis dan pemecahan masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengkaji metode pembelajaran HCSC dalam meningkatkan keterampilan siswa membuat program pada mata pelajaran PBO Kelas XI RPL SMKNegeri 2 Poso Pesisir. Hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari pra siklus sampai siklus II yaitu, pra siklus (38,46%), siklus I (69,23%) dan pada siklus II (84,61%).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

MediaTIK

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Social Sciences Other

Description

Jurnal MediaTIK is published by the Informatics and Computer Engineering Education Study Programme of Makassar State University in collaboration with Phinisi Skyline Indonesia. The Media TIK journal is published periodically three times a year, containing articles on research results and / or ...