Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk menghasilkan media pembelajaran pengenalan rambu lalu lintas bagi guru di TK Negeri Lappae. (2) Untuk mengetahui data pengujian media pembelajaran pengenalan rambu lalu lintas di TK Negeri Lappae dari aspek functionality, usability, dan portability. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian ini dilaksanakan di TK Negeri Lappae. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi dan kuesioner. Hasil penelitian dan pengembangan yaitu sebuah produk berupa aplikasi media pembelajaran pengenalan rambu lalu lintas. Proses penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan beberapa tahapan yang diadaptasi dari model penelitian pengembangan dengan menggunakan model prototype, yaitu: (1) tahap desain; (2) tahap desain; (3) tahap pengembangan; (4) tahap implementasi; dan (5) evaluasi. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran pengenalan rambu lalu lintas bagi guru di TK Negeri Lappae memperoleh rata-rata skor 93,26% dengan kriteria sangat baik. Sedangkan untuk hasil pengujian dari media pembelajaran pengenalan rambu lalu lintas dapat dilihat dari hasil pengujian ISO 9126 pada aspek functionality (layak), portability (layak), dan usability (sangat baik). Dengan demikian, aplikasi pengenalan rambu lalu lintas berbasis Adobe Flash layak untuk digunakan.
Copyrights © 2022