Kajian ini mendeskripsikan proses validasi pakar konten pada pengembangan paket soal mata pelajaran Bahasa Indonesia berbasis multimedia. Paket soal tersebut digunakan sebagai isian basis data aplikasi CBT. Pembuatan soal merupakan proses penyiapan alat ukur untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa terhadap materi yang telah diajarkan. Namun, masih banyak pengembang soal yang melakukan malpraktik dalam mengembangkan paket soal. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Pendekatan kuantitatif terkait dengan digunakannya rumusan formula V Aiken untuk model validasi pakar kontennya. Sedangkan pendekatan deskriptif dilakukan untuk sarana perbaikan butir-butir soalnya. Dari hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa konten peket soal yang dikembangkan dinyatakan valid sehingga paket soal tersebut dapat digunakan sebagai isian basis data aplikasi CBT. Paket soal yang dikembangkan merupakan paket soal mata pelajaran Bahasa Indonesia berisi butir dengan format multimedia yang berwujud teks, gambar, suara dan video. Hal tersebut sangat relevan untuk memaksimalkan fungsi komputer terkait dengan penetrasi migrasi pengujian dari berbasis kertas ke arah berbasis komputer
Copyrights © 2022