Jurnal MediaTIK
Volume 5 Issue 3, September (2022)

Peningkatan Hasil Belajar Melalui Problem Based Learning Secara Daring & Luring Pada Siswa Kelas XI RPL B SMK Negeri 1 Banggai

A. Ikbal (SMK Negeri 1 Banggai)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi persoalan rendahnya motivasi belajar dan meningkatkan hasil belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning secara daring maupun luring pada Pelajaran Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak, Siswa Kelas XI RPL B SMK Negeri 1 Banggai. Penelitian ini merupakan penelitian tidakan kelas dengan metode kualitatif dan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data, meliputi teknik pengamatan (observasi), wawancara, kajian atau telaah dokumen, angket, dan tes. Teknik analisis yang digunakan pertama adalah teknik analisis deskriptif komparatif untuk data kuantitatif dan teknik analisis yang kedua adalah teknik analisis kritis, teknik ini digunakan untuk menelaah data-data kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19. Subjek penelitian ini adalah Siswa kelas XI RPL B SMK Negeri 1 Banggai yang berjumlah 34 orang, Pembelajaran yang dilaksanakan 50% daring dan 50% Luring, secara bergantian. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak baik secara daring maupun luring dengan rerata skor 63,58% pada siklus 1 dan rerata skor 91,82% pada siklus 2.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

MediaTIK

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Social Sciences Other

Description

Jurnal MediaTIK is published by the Informatics and Computer Engineering Education Study Programme of Makassar State University in collaboration with Phinisi Skyline Indonesia. The Media TIK journal is published periodically three times a year, containing articles on research results and / or ...