Dalam konteks pembelajaran online, artikel ini menyelidiki dampak kecemasan mahasiswa selama pembelajaran daring dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana tingkat kecemasan atau anxiety pada mahasiswa selama ujian daring dan memberikan dasar yang kuat untuk memahami tantangan yang dihadapi mahasiswa selama ujian daring. Metode penelitian melibatkan survei terhadap mahasiswa dengan menggunakan sampel yang representatif, instrumen penelitian berupa kuesioner psikologis dan pemeriksaan fisiologis, serta analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecemasan cenderung muncul pada ujian sulit, namun tidak mencapai tingkat yang membahayakan kesehatan mental mahasiswa. Aspek fisiologis tercermin dalam peningkatan detak jantung sebelum atau sesudah ujian. Faktor online, khususnya kurangnya interaksi sosial, menyebabkan stres dan berpengaruh pada motivasi belajar. Kesimpulannya, meskipun kecemasan hadir, tidak mencapai tingkat yang membahayakan, dan mahasiswa cenderung lebih menyukai ujian dan tugas melalui perangkat elektronik. Penelitian ini memberikan wawasan untuk menyempurnakan pembelajaran daring dengan memperhatikan aspek-aspek tersebut.
Copyrights © 2024