Jurnal MediaTIK
Volume 5 Issue 3, September (2022)

Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar Siswa X TKJ Melalui Model Problem Based Learning Di SMK Maestro Banjarmasin

Rizky Pratama Putra Perkasa (SMK Maestro Banjarmasin)
Muhammad Riska (Universitas Negeri Makassar)
Rusdi (SMK Negeri 10 Makassar)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar di SMK Maestro Banjarmasin. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan selama 3 pertemuan dan menggunakan kompetensi dasar yang berbeda di masing-masing pertemuan dengan sampel berjumlah 12 siswa, diketahui bahwa kemampuan pemecahan masalah peserta didik cukup baik. Hasil pengamatan nilai siswa diperoleh rata-rata 85% jawaban benar untuk kemampuan memecahkan masalah dan nilai rata-rata 90% jawaban benar untuk soal evaluasi pada setiap pertemuan. Sementara, pada pembelajaran model lain diperoleh rata rata nilai 75% Jawaban benar pada soal evaluasi. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar kelas X TKJ di SMK Maestro Banjarmasin

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

MediaTIK

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Social Sciences Other

Description

Jurnal MediaTIK is published by the Informatics and Computer Engineering Education Study Programme of Makassar State University in collaboration with Phinisi Skyline Indonesia. The Media TIK journal is published periodically three times a year, containing articles on research results and / or ...