Journal of Arabic Education and Linguistics
Vol 3 No 1 (2023): Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Type Quick on The Draw terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas VII MTs Hj. Haniah Maros

Ahmad Munawwir Ahmad (UIN Alauddin Makassar)
St. Aisyah (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh hasil belajar bahasa Arab peserta didik kelas VII MTs Hj. Haniah sebelum penerapan model pembelajaran Cooperatif Type Quick On The Draw, 2) Untuk mengetahui pengaruh hasil belajar bahasa Arab peserta didik kelas VII MTs Hj. Haniah setelah penerapan model pembelajaran Cooperative Type Quick On The Draw, 3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Cooperative Type Quick on The Draw terhadap hasil belajar bahasa Arab peserta didik kelas VII MTs Hj. Haniah Maros. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif pre-eksperimental design dengan jenis desain one group pretest-posttest design yang merupakan desain penelitian yang menggunakan satu kelompok tanpa adanya kelompok pembanding. Data yang dikumpulkan kemudian diolah dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif hasil belajar peserta didik sebelum mendapatkan perlakuan menunjukkan skor maksimum yakni 80 dan skor minimum 45, dengan nilai rata-rata hasil belajar yang didapat adalah 59,70. Sedangkan hasil belajar peserta didik setelah mendapatkan perlakuan menunjukkan skor maksimum 90 dan skor minimum 55 dengan nilai rata-rata hasil belajar yang didapat yakni 76,50. Statistik Inferensial menggunakan aplikasi IBM SPSS versi 29 diperoleh nilai signifikan dengan uji hipotesis dan uji paired sample test mendapatkan nilai sig. 0,001 sehingga nilai sig. lebih kecil dari 0,05 (0,001 < 0,05). Maka Ho ditolak dan Hi diterima dengan tingkat kepercayaan 95%. Hal ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Cooperatife Type Quick On The Draw efekt terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII MTs Hj. Haniah

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jael

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Journal of Arabic Education and Linguistics adalah jurnal ilmiah yang mulai menerbitkan artikel semi-online pada tahun 2021 dan seluruhnya online pada tahun 2022. Jurnal ini disediakan untuk ahli linguistik Arab, peneliti dan praktisi Pendidikan bahsa Arab di seluruh dunia, dan arsiparis yang ...