Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi
Vol. 3 No. 2 (2023): Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, Juni 2023

ANALISIS PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA (ADD) PADA PEMERINTAH DESA PENUJAK

Baiq Wahyu Niswatun Rukyat (Universitas Mataram)
Elin Erlina Sasanti (Universitas Mataram)
Widia Astuti (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) yang dilaksanakan pemerintah desa di Desa Penujak, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini adalah Kepala Desa, Sekretaris Desa, Kaur Keuangan, Kaur Perencanaan, BPD, dan Masyarakat Desa Penujak. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan Alokasi Dana Desa pada Pemerintah Desa Penujak sudah dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Hal ini ditunjukkan dengan seluruh rangkaian proses pengelolaan Alokasi Dana Desa pada Pemerintah Desa Penujak dimulai dari perencanaan, penganggaran, pencairan dan penyaluran, penggunaan, pengawasan, serta pertanggungjawaban dan pelaporan dana ADD sudah dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan Peraturan Bupati Lombok Tengah Nomor 3 Tahun 2019. Selain itu, dalam pengelolaan dana ADD di Desa Penujak sudah menerapkan prinsip-prinsip pengelolaan dana ADD, yaitu prinsip Akuntabilitas, Transparansi, Aspiratif, dan Partisipasi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

risma

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

FOKUS Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi memuat tentang semua artikel riset bidang keilmuan Akuntansi. Jurnal ini melayani akademisi, peneliti, dan praktisi dalam dunia akuntansi untuk mempublikasi artikelnya. Jurnal ini bertujuan sebagai wadah untuk publikasi artikel ilmiah dalam bidang Akuntansi ...