Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi
Vol. 3 No. 3 (2023): Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, September 2023

Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Pengetahuan, Religiusitas, Dan Uang Saku Terhadap Minat Mahasiswa Menjadi Nasabah Pada Bank Syariah (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mataram)

Dhea Indah Puji Lestari (Universitas Mataram)
Susi Retna Cahyaningtyas (Universitas Mataram)
Zuhrotul Isnaini (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh literasi keuangan syariah, pengetahuan, religiusitas dan uang saku terhadap minat mahasiswa menjadi nasabah pada bank syariah (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram). Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner (angket) kepada responden. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram dengan kriteria mahasiswa aktif angkatan 2019 sampai dengan 2021 yang beragama muslim dan sudah menempuh mata kuliah ekonomi syariah sehingga total sampelnya 350 responden. Alat analisis data yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS) versi 3.0. Hasil penelitian ini yaitu literasi keuangan syariah, pengetahuan dan religiusitas berpengaruh positif signifikan terhadap minat mahasiswa menjadi nasabah pada bank syariah. Akan tetapi, uang saku tidak berpengaruh terhadap minat mahasiswa menjadi nasabah pada bank syariah. Penelitian ini terbatas pada literasi keuangan syariah, pengetahuan, religiusitas, dan uang saku sehingga perlu dikembangkan variabel lain agar lebih mendalam seperti lingkungan sosial, teman sebaya, promosi dan lain-lain. Kata Kunci: Literasi Keuangan Syariah, Pengetahuan, Religiusitas, Uang Saku, dan Minat Mahasiswa Menjadi Nasabah Pada Bank Syariah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

risma

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

FOKUS Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi memuat tentang semua artikel riset bidang keilmuan Akuntansi. Jurnal ini melayani akademisi, peneliti, dan praktisi dalam dunia akuntansi untuk mempublikasi artikelnya. Jurnal ini bertujuan sebagai wadah untuk publikasi artikel ilmiah dalam bidang Akuntansi ...