Tujuan penelitian ini yakni mendeskripsikan tentang penerapan model pembelajaran Make a Match pada Pelajaran Pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Palu. Permasalahan penelitian adalah bagaimana penerapan model pembelajaran Make a Match pada Pelajaran Pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Palu. Dan bagaimana dampak dari penerapan model pembelajaran Make a Match pada Pelajaran Pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Palu. penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Make a Match pada Pelajaran Pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Palu efektif dan telah diterapkan. model pembelajaran Make a Match sudah cukup baik untuk diterapkan karena mempermudah peserta didik dalam memahami materi yang dijelaskan. Hal ini dipengaruhi oleh pelaksanaan model pembelajaran yang disesuaikan dengan materi Pelajaran dan karakter peserta didik. Didukung dengan lingkungan pembelajaran yang nyaman. Adapun dampak dari penerapan model pembelajaran Make a Match adalah meningkatkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar peserta didik setelah menyelesaikan tugas dari pendidik diakhir Pelajaran.
Copyrights © 2024