Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara
Vol. 1 No. 2 (2024): APRIL - MEI 2024

Peran Kepemimpinan Transformasional dalam Meningkatkan Kinerja Organisasi Pendidikan

Ahyar Harundin Sagala (Prodi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri, Sumatera Utara)
Mutia Nurhaliza (2Prodi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri,, Sumatera Utara)
Firanti sukma hardiyani lubis (3Prodi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri, Sumatera Utara)
Alvina khairani (Prodi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri, Sumatera Utara)
Sakira Al Anikmah (Prodi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri,, Sumatera Utara)
Inom Nasution (Prodi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri, Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
05 May 2024

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi peran penting kepemimpinan transformasional dalam meningkatkan kinerja organisasi pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menganalisis studi literatur dan jurnal terdahulu yang membahas tentang kepemimpinan transformasional. Temuan utama menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional berdampak signifikan dalam meningkatkan motivasi, komitmen, membangun budaya kerja inklusif dan kolaboratif, serta meningkatkan kualitas layanan pendidikan dan inovasi dalam proses pembelajaran. Implikasi dari temuan ini adalah perlunya pengakuan yang lebih besar terhadap peran penting kepemimpinan transformasional dalam konteks pendidikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perlunya dukungan dan pengembangan pemimpin transformasional untuk menciptakan lingkungan kerja yang inspiratif, kreatif, dan berorientasi pada hasil yang lebih baik. Implikasi penelitiannya adalah pentingnya pemahaman yang lebih dalam terhadap dinamika kepemimpinan transformasional dalam meningkatkan kinerja organisasi pendidikan, serta perlunya penelitian lebih lanjut untuk mendalami hubungan dengan hasil akademik siswa, mengeksplorasi pengaruh pada inovasi pendidikan, melakukan penelitian longitudinal, dan membandingkan efektivitas dengan jenis kepemimpinan lainnya. Diharapkan dengan langkah-langkah ini, dapat diperoleh pemahaman yang lebih baik dan solusi-solusi yang lebih efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan kinerja organisasi pendidikan secara keseluruhan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jicn

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara (JICN) adalah Jurnal Multi Disiplin Semua Bidang Ilmu sebuah publikasi yang melayani sebagai wadah bagi penelitian interdisipliner dan kolaboratif di berbagai bidang ilmu. Jurnal ini memperoleh keunggulan dengan mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu ...