Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara
Vol. 1 No. 2 (2024): APRIL - MEI 2024

KOMUNIKASI INSTRUKTUR YOGA DALAM MENINGKATKAN NILAI MODERASI BERAGAMA (STUDI MULTI SITUS PADA LOMBOK YOGA CENTER DAN STELLA GRACIA SCHOOL)

Ni Komang Surni (Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram)
Ni Putu Listiawati (Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram)
Joko Prayitno (Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram)



Article Info

Publish Date
18 May 2024

Abstract

Instruktur Lombok Yoga Center dan Stella Grecia School pada proses latihan Yoga berperan sebagai fasilator yang memberikan gerakan dan materi Yoga kepada member. Pada prosses pelatihan seorang instruktur menggunakan komunikasi perintah atau instruksi, solusi dan motivasi. Instruktur di Lombok Yoga Center menggunakan cara-cara atau metode tertentu dalam memberikan instruksi pada saat latihan Yoga, metode tersebut digunakan bertujuan agar member dapat mengikuti instruksi yang diberikan. Agar nantinya dapat menghasilkan perubahan yang positif, pada pihak sasaran atau member. Penelitian ini menggunakan metode studi komparatif, Hambatan Interaksi Sosial dalam Meningkatkan Nilai Moderasi Beragama di Lombok Yoga Center dan Stella Gracia School Penelitian ini mengidentifikasi beberapa hambatan dalam interaksi sosial yang memengaruhi peningkatan nilai moderasi beragama di Lombok Yoga Center dan Stella Gracia School. Hambatan tersebut mencakup: Perbedaan Latar Belakang Agama Ketidakpahaman tentang Yoga, Kurangnya Dialog Antar-Agama, Kurangnya Pengajaran Nilai Toleransi dan Anti Kekerasan, Tekanan Sosial, Konstruksi Pola Strategi Komunikasi Instruktur Yoga Dalam Meningkatkan Nilai Moderasi Beragama di Lombok Yoga Center dan Stella Gracia School Untuk mengatasi hambatan tersebut dan mempromosikan toleransi serta anti kekerasan, instruktur Yoga dapat mengadopsi strategi komunikasi yang inklusif dan penuh penghargaan. Strategi-strategi tersebut meliputi: Penggunaan Bahasa Inklusif, Menekankan Persamaan dan Toleransi Mendorong Dialog Terbuka, Menyediakan Edukasi tentang Berbagai Agama, Membangun Kebersamaan, Memberikan Dukungan Emosional, Komunikasi Antarpersonal, Komunikasi Kelompok dan Manfaat Strategi Komunikasi Instruktur Yoga Dalam Meningkatkan Nilai Moderasi Beragama di Lombok Yoga Center dan Stella Gracia School Strategi komunikasi instruktur Yoga yang berorientasi pada hasil yang toleran dan anti kekerasan memiliki manfaat yang signifikan dalam membangun masyarakat yang inklusif dan damai. Manfaat-manfaat tersebut meliputi: Membangun Kesadaran tentang Toleransi, Mengurangi Ketegangan Antar-Agama, Mendorong Dialog Damai, Memperkuat Keharmonisan Sosial, Mengurangi Risiko Kekerasan, Latihan Yoga memiliki manfaat yang signifikan dalam konteks peningkatan toleransi dan anti-kekerasan, Peningkatan Kesadaran Diri,Pengelolaan Stres Peningkatan Empati, Mengurangi Agresi dan Meningkatkan Kesejahteraan Emosional.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jicn

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara (JICN) adalah Jurnal Multi Disiplin Semua Bidang Ilmu sebuah publikasi yang melayani sebagai wadah bagi penelitian interdisipliner dan kolaboratif di berbagai bidang ilmu. Jurnal ini memperoleh keunggulan dengan mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu ...