Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara
Vol. 1 No. 2 (2024): APRIL - MEI 2024

PEMILIHAN KATA YANG MENARIK DAN UNIK PADA IKLAN APLIKASI SHOPEE: ANALISIS WACANA TEKS PERSUASIF

Siti Fatimah Handayani Hsb (Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan)
Rika Trinawati Sinaga (Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan)
Candy Carobelli (Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan)
Maria Aulia Pratama Sinaga (Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan)
Mustika Wati Siregar (Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
25 May 2024

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan salah satu aplikasi shopee. Shopee sebagai salah satu aplikasi pemasaran yang menjual berbagai barang kebutuhan dengan secara iklan. Iklan tersebut berfungsi sebagai alat pemasaran luas agar informasi tersebut dapat ditembus ke berbagai dunia yang sifatnya ajakan atau persuasif. Gaya bahasa yang digunakan dapat memengaruhi pembeli untuk membeli barang di shopee. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan metode observasi dan metode menyimak. Metode menyimak yang dilakukan pada penelitian ini Artinya memperhatikan penggunaan bahasa dalam wacana periklanan. Studi menunjukkan bahwa ada dua cara pengiklan dapat membujuk calon konsumen, yaitu: persuasi implisit dan persuasi eksplisit.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jicn

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara (JICN) adalah Jurnal Multi Disiplin Semua Bidang Ilmu sebuah publikasi yang melayani sebagai wadah bagi penelitian interdisipliner dan kolaboratif di berbagai bidang ilmu. Jurnal ini memperoleh keunggulan dengan mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu ...