Memperoleh pendidikan baik melalui formal maupun non-formal sebagai komponen penting untuk meningkatkan kualitas manusia. Dalam pembelajaran IPS salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang isu-isu sosial dan membantu mereka menjadi warga negara yang bertanggung jawab. Disiplin ilmu ini menggabungkan sosiologi, ekonomi, geografi, sejarah, politik, hukum, budaya, dan psikologi sosial. Maka dari itu, siswa pada umumnya menganggap pendidikan IPS sebagai pelajaran yang membosankan, sulit, dan tidak menarik. Maka dari itu, dalam mengatasi masalah ini, dalam pembelajaran IPS menggunakan model pembelajaran game edukatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran permainan edukatif ke dalam proses pembelajaran IPS. Metode penelitian ini menggunakan literature review melalui Google Scholar dan Harzings. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 7 artikel penelitian terdahulu menghasilkan, bahwa penerapan game edukatif di pembelajaran IPS efektif bagi peningkatan hasil belajar dan motivasi siswa
Copyrights © 2024