Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara
Vol. 1 No. 3 (2024): JUNI - JULI 2024

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS X-A SMK NEGERI 11 MEDAN

Romuli Hutagaol (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan)
Rut Dorma Silaban (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan)
Rika Trinawati Sinaga (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan)
Maria Aulia Pratama Sinaga (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan)
Putri Ulina Situmorang (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan)
Mustika Wati Siregar (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2024

Abstract

Berdasarkan hasil hasil observasi dilapangan dan diperkuat dari hasil diskusi beberapa siswa menunjukkan bahwa hasil belajar kemampuan membaca puisi di X-A SMK N 11 MEDAN belum menunjukkan hasil yang memuaskan, siswa mengalami kesulitan dalam membaca puisi secara benar dengan memperhatikan beberapa aspek, yaitu: gestur, intonasi, ekspresi, penghayatan. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan membaca puisi melalui metode pembelajaran demonstrasi. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa Pada kondisi awal, nilai rata-rata kemampuan membaca puisi siswa hanya 62,5 dengan persentase ketuntasan belajar 32%. Setelah diterapkan metode demonstrasi pada siklus I, nilai rata-rata meningkat menjadi 70,2 dan persentase ketuntasan belajar mencapai 56%. dilanjutkan dengan siklus II dengan beberapa perbaikan dalam pelaksanaan metode demonstrasi dengan persentase ketuntasan belajar mencapai 88%. Hasil ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa telah mampu membaca puisi dengan intonasi, ekspresi, dan penghayatan yang tepat setelah mempraktikkannya secara langsung melalui metode pembelajaran demonstrasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jicn

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara (JICN) adalah Jurnal Multi Disiplin Semua Bidang Ilmu sebuah publikasi yang melayani sebagai wadah bagi penelitian interdisipliner dan kolaboratif di berbagai bidang ilmu. Jurnal ini memperoleh keunggulan dengan mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu ...