SEIKO : Journal of Management & Business
Vol 7, No 1 (2024): Januari - Juni 2024

Pengaruh Penerapan Green Intellectual Capital Dan Social Responsibility Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI (Studi Pada Perusahaan Subsektor Makanan dan Minuman Periode 2019-2022)

Indri Nopianti Aprilian (Universitas Buana Perjuangan Karawang)
Dedi Mulyadi (Universitas Buana Perjuangan Karawang)
Yanti Yanti (Universitas Buana Perjuangan Karawang)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggabungan tanggung jawab sosial dan modal intelektual hijau dapat mempengaruhi profitabilitas. Sumber-sumber berikut ini menginformasikan metodologi penelitian deskriptif-kuantitatif: Pedoman pelaporan tanggung jawab sosial yang ditetapkan oleh Global Reporting Initiative (GRI) dan laporan tahunan dan laporan keuangan perusahaan subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk tahun 2019 hingga 2022. Terdapat empat puluh empat perusahaan. Pengambilan sampel secara purposif digunakan untuk mendapatkan 116 sampel secara keseluruhan. Memanfaatkan aplikasi SmartPLS 3.0, memutar model luar dan dalam, dan menguji hipotesis pada data yang dikumpulkan, semuanya membantu dalam analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Social Responsibility tidak memiliki dampak yang cukup besar terhadap profitabilitas (p = 0,522), sedangkan Green Intellectual Capital memiliki dampak yang cukup besar terhadap profitabilitas (p = 5,460). Variabel tambahan independen seperti ukuran perusahaan, keinginan, inovasi hijau, pelaporan keinginan, dan variabel lainnya diantisipasi untuk ditambahkan sebagai rekomendasi untuk penelitian di masa depan. karena variabel Social Responsibility dan Green Intellectual Capital merupakan satu-satunya variabel yang tercakup dalam penelitian ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

seiko

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

The Journal Management & Business (SEJaman) provides a forum for academics and professionals to share the latest developments and advances in knowledge and practice of management business both theory and practices. It aims to foster the exchange of ideas on a range of important management subjects ...