SEIKO : Journal of Management & Business
Vol 7, No 1 (2024): Januari - Juni 2024

Pertumbuhan Kredit Abnormal, Risiko Kredit, Profitabilitas Bank dan Bank Solvency (Studi pada Bank Umum Konvensional di Indonesia)

Rahmat Setiawan (3Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Airlangga)
Qurrotul Ainiyah (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Airlangga)
Delavilanda Baby Efa (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Airlangga)



Article Info

Publish Date
02 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan kredit abnormal terhadap risiko kredit, profitabilitas bank dan solvabilitas bank yang dimoderasi dengan ukuran bank. Penulis menggunakan 115 sampel bank umum konvensional di Indonesia selama tahun 2008-2012, dengan sampel 425 observasi (model 1), 469 observasi (model 2), dan 457 observasi (model 3). Hasil regresi berganda menunjukkan bahwa pertumbuhan kredit abnormal berpengaruh positif signifikan terhadap risiko kredit, negatif signifikan terhadap profitabilitas bank, dan negatif signifikan terhadap solvabilitas bank. Ukuran bank signifikan memoderasi dampak pertumbuhan kredit abnormal terhadap risiko kredit, profitabilitas bank dan solvabilitas bank. Artinya, secara umum pertumbuhan kredit yang tidak normal akan berdampak buruk pada kinerja keuangan bank yang ditandai dengan meningkatnya risiko kredit, menurunnya profitabilitas dan menurunnya solvabilitas bank ketika terjadi pertumbuhan kredit yang tidak normal. Kata Kunci: pertumbuhan kredit abnormal, risiko kredit, profitabilitas bank, solvabilitas bank, ukuran bank.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

seiko

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

The Journal Management & Business (SEJaman) provides a forum for academics and professionals to share the latest developments and advances in knowledge and practice of management business both theory and practices. It aims to foster the exchange of ideas on a range of important management subjects ...