Journal of Management and Innovation Entrepreneurship (JMIE)
Vol. 1 No. 3 (2024): April

STRATEGI KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM BISNIS PENERAPAN KALIMAT YANG TIDAK AMBIGU UNTUK MENGHINDARI GAGAL PAHAM

Kezia Youan Vebrina (Unknown)
Lintang Kinasih (Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, Indonesia)
Khoilila Muddalifa (Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, Indonesia)
Luh Putu Restiana Wulandari (Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, Indonesia)
Moh Harun Al Rosid (Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, Indonesia)
Dewi Puspa Arum (Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2024

Abstract

Bahasa merupakan alat komunikasi yang penting dalam kehidupan sehari-hari, ilmu pengetahuan, pendidikan, bahkan di dalam lingkup pekerjaan. Namun, semenjak munculnya arus globalisasi perkembangan penggunaan bahasa telah bergeser dan masyarakat seperti melupakan kodrat dari bahasa itu sendiri dan menggantinya dengan bahasa gaul, yang kadang-kadang tidak tepat dan dapat menyebabkan kesalahpahaman. Penggunaan bahasa gaul dalam konteks pekerjaan juga dapat menghambat kinerja serta bahkan bisa memutus relasi antar kolega atau rekan sekerja. Di dalam lingkup berbisnis penggunaan bahasa yang ambigu juga dapat mengganggu hubungan profesionalitas dan mengurangi efektivitas komunikasi. Komunikasi bisnis yang efektif sangatlah penting untuk mencapai tujuan, membangun hubungan dengan pelanggan, dan meningkatkan kolaborasi tim. Tantangan dalam komunikasi bisnis meliputi komunikasi lintas budaya dan kesalahan teknis dalam komunikasi daring. Oleh karena itu, diperlukan kesadaran akan keberagaman budaya dan penyelesaian cepat dalam menghadapi masalah teknis untuk menjaga efektivitas komunikasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jmie

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences Other

Description

Journal of Management and Innovation Entrepreneurship (JMIE) is a national journal as a scientific study media results of research, thinking, and critical-analytical studies on research in the fields of marketing management, financial management, SDM management, operations/production management, ...