Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sejarah
Vol. 2 No. 1 (2023): Pendidikan Sejarah dan Kesejarahan Indonesia

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MINDMAP BERBASIS SEJARAH LOKAL PADA MATA PELAJARAN SEJARAH PEMINATAN KELAS XII DI SMA NEGERI 11 MUARO JAMBI

Pitri Pitri (Universitas Jambi)
Reka Seprina (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
18 Apr 2023

Abstract

Pembelajaran sejarah merupakan mata pelajaran yang sangat penting untuk membentuk kepribadian peserta didik, yang tujuannya untuk memahami dan membudayakan nasionalisme, menggali jati diri bangsa, membentuk peradaban berkarakter bangsa yang bernilai ,menjadikan manusia berperilaku arif dan bijaksana, menghindari kegagalan dan kesalahan apa yang telah dilakukan sebelumnya serta menemukan sumber baru untuk membentuk visi masa depan. Namun, hal ini sangat berbeda dengan sudut pandang, sebagaimana pemahaman siswa, bahwa pembelajaran sejarah hanya terdiri dari sejarah masa lalu, sistem pembelajaran didominasi oleh hapalan dan terlihat membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran mindmap berbasis sejarah lokal pada mata pelajaran sejarah peminatan Kelas XII SMA Negeri 11 Muaro Jambi. Metodologi yang digunakan adalah pengembangan desain model Bela Banathy H. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di SMA Negeri 11 Muaro Jambi pengembangan media pembelajaran mindmap berbasis sejarah lokal pada mata pelajaran sejarah peminatan dapat digunakan dalam pembelajaran sejarah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

krinok

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sejarah diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Jambi ialah jurnal khusus dbentuk untuk memfasilitasi mahasiswa Pendidikan Sejarah maupun mahasiswa lain yang artikelnya berkaitan dengan fokus utama jurnal. KRINOK Unja berkerja sama dengan ...