Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sejarah
Vol. 2 No. 2 (2023): Kajian Sejarah dan Pembelajaran Sejarah

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEOSCRIBE BERBASIS SEJARAH LOKAL PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA KELAS X DI SMA NEGERI 6 BATANGHARI

Dinda Sintya (Universitas Jambi)
Reka Seprina (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2023

Abstract

Dalam rangka menumbuhkan rasa jati diri bangsa dan mempersiapkan peserta didik menghadapi tantangan masa depan, pendidikan sejarah bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan kognitif, afektif, dan psikomotorik peserta didik serta pemahamannya terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam setiap peristiwa sejarah. Namun, mempelajari sejarah benar-benar unik; alih-alih memberikan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan ini, tampaknya sulit, serampangan, berulang-ulang, melelahkan, dan kurang mengasyikkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat bahan ajar videoscribe untuk kelas sejarah SMA yang fokus pada sejarah lokal. Metode yang diikuti adalah desain untuk pengembangan model 4D. Media pembelajaran videoscribe berbasis sejarah lokal dapat digunakan di kelas sejarah SMA, sesuai temuan penelitian. Ini juga berpotensi untuk meningkatkan pembelajaran, meningkatkan keterlibatan siswa, dan memecahkan masalah sejarah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

krinok

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sejarah diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Jambi ialah jurnal khusus dbentuk untuk memfasilitasi mahasiswa Pendidikan Sejarah maupun mahasiswa lain yang artikelnya berkaitan dengan fokus utama jurnal. KRINOK Unja berkerja sama dengan ...