J-CEKI
Vol. 3 No. 5: Agustus 2024

Penggunaan Media Pembelajaran Flash Card dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas II UPTD SDN 2 Cikedung Lor Kabupaten Indramayu

Teguh Hamdani (Universitas Muhammadiyah Cirebon)
Nurkholis Nurkholis (Universitas Muhammadiyah Cirebon)
Aliet Noorhayati Sutisno (Universitas Muhammadiyah Cirebon)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2024

Abstract

Pembelajaran matematika semestinya menjadi kegiatan yang bermakna dengan bebas mengimplementasikan semua potensi. Namun pada kenyataannya pembelajaran matematika masih belum tercapai sepenuhnya, diantaranya dalam kemampuan kognitif, pemecahan masalah serta masih rendahnya hasil belajar peserta didik. Tujuan: Untuk meningkatkan hasil belajar matematika kelas II (dua) di UPTD SDN 2 Cikedung Lor. Metode: Metode penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart dengan media pembelajaran Flash Card. Solusi: Memilih penggunaan model pembelajaran yang tepat yaitu media pembelajran Flash Card, sehingga peserta didik termotivasi tinggi untuk belajar matematika. Hasil: Penelitian dengan menggunakan media Flash Card yaitu, meningkatkan hasil belajar hal ini dapat dilihat dari nilai persentase yaitu sebelum menggunakan media Flash Card 25%, siklus I pada saat menggunakan media Flash Card meningkat 50%, kemudian siklus II menjadi 94%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pembelajaran dengan media pembelajaran Flash Card dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas II (Dua) di UPTD SDN 2 Cikedung Lor.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

J-CEKI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. J-CEKI terbit 6 kali dalam setahun atau tiap 2 bulan sekali. J-CEKI menerbitkan artikel bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Humaniora: Bahasa dan Linguistik, Sejarah, Sastra, Seni Pertunjukan, Filsafat, Agama, Seni Rupa. Ilmu ...