Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas komunikasi interpersonal pustakawan dalam menghadapi penyalahgunaan KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Desain penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Subjek penelitian yaitu pustakawan sebagai informan pertama serta pemustaka sebagai informan pendukung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi komunikasi interpersonal pustakawan dalam menghadapi penyalahgunaan KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) ialah Perpustakaan perlu untuk selalu memberikan sikap kritis dan penghargaan (reward) terhadap pemustaka, Perpustakaan perlu mengingatkan secara langsung kepada pemustaka untuk aktif datang memeriksa denda buku agar mencegah penyalahgunaan ktm (kartu tanda mahasiswa) dan Perpustakaan perlu untuk selalu memberikan himbauan atau sosialisasi kepada pengguna mengenai pentingnya penyalahgunaan ktm (kartu tanda mahasiswa).
Copyrights © 2024