Jurnal Social Library
Vol 4, No 2 (2024): JURNAL SOCIAL LIBRARY JULY

Strategi Komunikasi Interpersonal Pustakawan Dalam Menghadapi Penyalahgunaan Ktm Di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Syifa Yaladioktha (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Nursapia Harahap (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas komunikasi interpersonal pustakawan dalam menghadapi penyalahgunaan KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Desain penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Subjek penelitian yaitu pustakawan sebagai informan pertama serta pemustaka sebagai informan pendukung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi komunikasi interpersonal pustakawan dalam menghadapi penyalahgunaan KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) ialah Perpustakaan perlu untuk selalu memberikan sikap kritis dan penghargaan (reward) terhadap pemustaka, Perpustakaan perlu mengingatkan secara langsung kepada pemustaka untuk aktif datang memeriksa denda buku agar mencegah penyalahgunaan ktm (kartu tanda mahasiswa) dan Perpustakaan perlu untuk selalu memberikan himbauan atau sosialisasi kepada pengguna mengenai pentingnya penyalahgunaan ktm (kartu tanda mahasiswa).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SL

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Social Library is to provide scientific article of social and humanities studies that developed in attendance through the article publications, research reports, and book reviews. The focus and scope of the journals: Phylosophy, Psychology, Health, Law, Politics, Economics, Communication, ...