cover
Contact Name
Khairuddin
Contact Email
jurnalsociallibrary@gmail.com
Phone
+6285297147202
Journal Mail Official
fnugraha2112@gmail.com
Editorial Address
Jln.Raya Leuwiliang, Km.06 Sibanteng-Leuwisadeng Bogor 16640
Location
Kab. bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Social Library
Published by Granada El-Fath
ISSN : -     EISSN : 27761592     DOI : -
Jurnal Social Library is to provide scientific article of social and humanities studies that developed in attendance through the article publications, research reports, and book reviews. The focus and scope of the journals: Phylosophy, Psychology, Health, Law, Politics, Economics, Communication, Management, Business, Sociology, Antrophology, Language and art, and Other Humanities. Prioritizing the results of cross-disciplinary a science research and the latest findings in the scopes of social.
Articles 35 Documents
Peran Kecerdasan Emosi Dalam Meningkatkan Psychological well being Pada Remaja Alfina Sri Wahyuni
JURNAL SOCIAL LIBRARY Vol 1, No 1 (2021): JURNAL SOCIAL LIBRARY MARCH
Publisher : Granada El-Fath

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (102.692 KB) | DOI: 10.51849/sl.v1i1.21

Abstract

Berpikir positif, sikap yang baik, dan penerimaan sisi baik dan buruk dari diri sendiri merupakan ciri-ciri dari psychological well-being yang tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kecerdasan emosi dalam meningkatkan psychological well-being remaja. Ke arah kesejahteraan, kaum muda harus mampu membentuk hubungan sosial yang baik. Penelitian ini menggunakan metode literature review. Tujuan dari tinjauan literatur ini termasuk memberikan latar belakang teoritis, memperluas penelitian ke topik yang menarik, dan menjawab pertanyaan penelitian yang sedang dibahas. Seni tinjauan pustaka adalah pengumpulan data, tinjauan, analisis, dan ringkasan data untuk referensi. Hasilnya menunjukkan bahwa remaja dengan kecerdasan emosi yang baik dan stabil dapat meningkatkan psychological well-being remaja.
Hubungan Religiusitas dengan Prestasi Belajar pada Siswa Putri di SMK Telkom Shandy Putra Medan Ismail Kombih
JURNAL SOCIAL LIBRARY Vol 1, No 1 (2021): JURNAL SOCIAL LIBRARY MARCH
Publisher : Granada El-Fath

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (138.641 KB) | DOI: 10.51849/sl.v1i1.22

Abstract

Referring to the target to be achieved, this study uses quantitative research methods. This study uses a correlational quantitative method, which aims to see the relationship between the independent variables and the dependent variable. The population in this study were all 11th grade students of SMK Telkom Shandy Putra Medan who participated in religious organizations. Consists of 50 students. The sample in this study amounted to 50 students. The sampling technique used for this research is total sampling. The results of the normality test showed thescore Kolmogorov-Smirnovof the learning achievement variable was 0.717 with p= 0.689 (p> 0.05), which means that the learning achievement variable had data that were normally distributed. The religiosity variable also has a normal data distribution with ascore Kolmogorov-Smirnov of 0.744 with p= 0.637 (p> 0.05), which means that this variable has normally distributed data. Complete results from the normality test of research data can be seen in the appendix. The linearity test of the relationship between the religiosity variable and learning achievement resulted in F = 29.226 with a significance value of p= 0.000 (p
Metode Pembelajaran Brainstorming Sebagai Upaya Meningkatkan Self Confidence Pada Siswa: Literature Review Nurmaida Irawani Siregar; Syifa Ardha
JURNAL SOCIAL LIBRARY Vol 1, No 1 (2021): JURNAL SOCIAL LIBRARY MARCH
Publisher : Granada El-Fath

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (162.696 KB) | DOI: 10.51849/sl.v1i1.23

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode pembelajaran brainstorming dapat menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan rasa self-confidence siswa. Oleh karena itu, diharapkan mampu menjawab tantangan dunia pendidikan saat ini. Tempat di mana individu dapat bersaing dengan self-confidence dalam mengungkapkan ide dan gagasannya tanpa takut dikritik. Desain metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka. Hasil dari penelitian ini adalah metode pembelajaran brainstorming diterapkan sebagai upaya untuk meningkatkan rasa self-confidence siswa yang cocok untuk diterapkan dalam proses pembelajaran. Hal ini memberikan siswa kepercayaan diri untuk mengungkapkan pendapat dan ide-ide mereka saat belajar. Tanpa jaminan benar dan salah, siswa menjadi lebih aktif dan self-confidence dalam proses pembelajaran. Inti dari brainstorming adalah bahwa tidak peduli seberapa praktis sebuah ide, tampaknya tidak mengkritik ide atau mengganggu aliran pemikiran. Anggota kelompok harus mendorong dan berusaha sendiri untuk mendefinisikan ide-ide mereka. Self-confidence adalah keyakinan akan potensi diri sendiri. Orang yang self-confidenc lebih tertarik dan fokus untuk mengembangkan potensinya.
Perbedaan Self-Regulated Learning Pada Siswa Kelas Internasional dengan Siswa Kelas Reguler di SMA Shafiyyatul Amaliyah Medan Farida Hanum Siregar; Agistha Fanessya Perangin-Angin
JURNAL SOCIAL LIBRARY Vol 1, No 1 (2021): JURNAL SOCIAL LIBRARY MARCH
Publisher : Granada El-Fath

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (111.992 KB) | DOI: 10.51849/sl.v1i1.24

Abstract

Method used in this research is the comparative method. The population in this study were all students of class X and XI SMA Shafiyyatul Amaliyah, namely 210 students. International class with a total of 30 in the regular class with a total of 180 students. The number of samples is 60 samples, 30 from the international class and 30 from the regular class. The technique used in sampling the two sample groups is the random sampling technique, meaning that all members in the population have the same opportunity to be selected as samples. Based on the calculation results of theanalysis t-test, it is known that there are differences in self-regulated learning between international class students and students in regular classes. This result is known by looking at the value or coefficient of difference in the ttest of 5.652 with a significance of 0.000 (p
Pola Asuh Permisif dengan Perilaku Seksual Pada Remaja Endang Haryati; Dinda Eva Thania
JURNAL SOCIAL LIBRARY Vol 1, No 1 (2021): JURNAL SOCIAL LIBRARY MARCH
Publisher : Granada El-Fath

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (129.398 KB) | DOI: 10.51849/sl.v1i1.25

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh yang lalai dengan perilaku seksual remaja Dusun di Desa Kuta Pinang. Sampel dalam penelitian ini adalah 32 remaja yang tinggal di Dusun III Desa Kuta Pinang. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan antara pola asuh permisif dengan perilaku seksual remaja. Dengan asumsi bahwa semakin tinggi pola asuh permisif yang diterapkan oleh orang tua, maka semakin tinggi pula perilaku seksualnya. Sebaliknya, semakin rendah pola asuh permisif yang diterapkan oleh orang tua, maka semakin rendah pula perilaku seksualnya. Dalam penelitian ini digunakan metode pola asuh permisif berdasarkan karakteristik pola asuh permisif menurut Tridhonanto (2014) dan skala perilaku seksual berdasarkan indeks perilaku seksual menurut Sarwono (2016). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan pengumpulan data menggunakan skala likert. Dalam penelitian ini juga digunakan metode parenting screening berdasarkan aspek parenting menurut Baumrind (dalam Dariyo, 2004). Teknik korelasi Product Moment digunakan untuk menguji hipotesis yang diajukan. Dari hasil analisis data ditemukan adanya hubungan positif antara pola asuh yang lalai dengan perilaku seksual remaja.
KOMITMEN ORGANISASI DITINJAU DARI MASA KERJA Khairuddin Khairuddin
JURNAL SOCIAL LIBRARY Vol 1, No 2 (2021): JURNAL SOCIAL LIBRARY JULY
Publisher : Granada El-Fath

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (271.999 KB) | DOI: 10.51849/sl.v1i2.31

Abstract

This study aims to empirically determine the description of organizational commitment. The sampling technique was carried out by total sampling technique and got 43 samples. The research instrument used was the organizational commitment scale. This type of research is quantitative research with descriptive and comparative models. The data analysis technique used is the one sample t-test. Researcher hypothesized that teachers with longer period of work will tend to have higher organizational commitment. The results showed that the organizational commitment of the teachers was generally high. In accordance with the proposed hypothesis, it is said that there is a difference in organizational commitment between teachers who have worked for more than 5 years and teachers who have worked for less than 5 years. The t-test results obtained were p = 0.006 (p
HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN KECEMASAN PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR DI INSTITUT KESEHATAN HELVETIA MEDAN TAHUN 2020 Milna Chairunnisa; Nur Fadillah
JURNAL SOCIAL LIBRARY Vol 1, No 2 (2021): JURNAL SOCIAL LIBRARY JULY
Publisher : Granada El-Fath

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (576.824 KB) | DOI: 10.51849/sl.v1i2.32

Abstract

Basically, humans are expected to be able to adapt to their environment, as well as students. Students are part of individuals who are expected to be able to perform tasks in their educational environment. These tasks are related to attendance in lectures, completing course assignments and other matters related to the teaching and learning process. The purpose isto find out the relationship between self-concept and anxiety in final year students at the Helvetia Institute of Health Medan in 2020. The research design is a quantitative study to determine the self-concept with anxiety in final year students with a cross sectional approach. The population taken in this study were 50 students at the Helvetia Institute of Health, Medan, and used total sampling. Results; with the chi square test. The results of this study indicate that of the 50 respondents at the Helvetia Health Institute, Medan, it is known that those who have a positive self-concept are the majority as many as 30 respondents (60.0%) while the majority of moderate anxiety are 15 respondents (30.0%) with a p value of 0.020.
Gambaran Kematian pada Pasien yang Mengalami Kanker Syahferi Anwar
JURNAL SOCIAL LIBRARY Vol 1, No 2 (2021): JURNAL SOCIAL LIBRARY JULY
Publisher : Granada El-Fath

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (531.821 KB) | DOI: 10.51849/sl.v1i2.33

Abstract

Kanker adalah salah satu penyakit paling mematikan di seluruh dunia, menyebabkan stres dan kecemasan yang ekstrem, dan membuat Anda merasa tertekan tentang penyakit ini dan rangkaian perawatannya. Menurut Elisabeth Kubler-Ross (1969), tahap kematian membagi tindakan dan pikiran kematian yang akan segera terjadi menjadi lima tahap: penolakan, isolasi, kemarahan, negosiasi, dan penerimaan. Dari kuesioner yang dibagikan dapat disimpulkan bahwa tidak semua subjek mengalami fase isolasi dan penolakan, dan hanya ketika kondisinya memburuk maka mereka segera berkonsultasi ke dokter. Hanya sedikit orang yang mengalami ini dalam fase marah, tetapi semua orang iri dengan kondisi orang lain. Semua topik sedang dalam tahap penawaran. Selama tahap depresi ini, hanya satu orang yang merasa gagal dalam hidup mereka dan merasa putus asa dengan situasi mereka. Berdasarkan kesimpulan tersebut, ketiga subjek berada pada tahap penerimaan.
Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar matematika pada anak usia dini (6-10 tahun) Komunitas Kampung Aur Hairul Anwar Dalimunthe
JURNAL SOCIAL LIBRARY Vol 1, No 2 (2021): JURNAL SOCIAL LIBRARY JULY
Publisher : Granada El-Fath

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (561.859 KB) | DOI: 10.51849/sl.v1i2.34

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja faktor minat bakat belajar anak di Kampung Aur. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah penyelidikan masalah sosial di mana teori yang terdiri dari variabel diuji, diukur secara numerik, dan dianalisis melalui prosedur statistik untuk menentukan apakah generalisasi prediksi teori itu benar. Salah satu faktor yang mempengaruhi minat belajar anak adalah faktor internal yang mendorong minat anak dengan rasa ingin tahu, dan faktor eksternal yang mempengaruhi minat belajar adalah faktor sekolah dan faktor keluarga.
Gambaran Psikologis Anak ADHD Arif Fachrian
JURNAL SOCIAL LIBRARY Vol 1, No 2 (2021): JURNAL SOCIAL LIBRARY JULY
Publisher : Granada El-Fath

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (242.562 KB) | DOI: 10.51849/sl.v1i2.35

Abstract

Menurut Wiyani (2014) anak ADHD selalu memiliki tiga komponen karakteristik utama yang sama, yaitu inattention (kurangnya rentang perhatian), impulsivitas berlebihan, dan hiperaktif. Tujuan dari kurangnya perhatian adalah agar anak-anak dengan ADHD tampak mengalami kesulitan dalam memperhatikan. Anak ADHD sangat mudah terganggu oleh rangsangan yang tiba-tiba diterima oleh panca inderanya atau oleh perasaan yang muncul saat itu. Hal ini akan mempengaruhi proses penerimaan informasi dari lingkungan. Kemudian, impulsivitas adalah gangguan perilaku berupa tindakan yang tidak disertai dengan pikiran. Anak-anak dengan ADHD sangat dikendalikan oleh perasaan mereka sehingga mereka bereaksi dengan cepat. Perilaku ini akan menyulitkan anak dengan gangguan ADHD dan lingkungannya. Sedangkan hiperaktif adalah gerakan yang berlebihan di luar gerakan anak-anak seusianya pada umumnya.

Page 1 of 4 | Total Record : 35