Journal of Management Education Social Sciences Information and Religion
Vol 1, No 2 (2024): September 2024

Implementasi Nilai Pancasila Sila Ke-1 Ketuhanan yang Maha Esa Dalam Menumbuhkan Sikap Toleran Masyarakat

Siti Rani Nuraeni (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Ujang Jamaludin (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Dinar Sugiana (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui terkait, (1) Implementasi nilai Pancasila sila ke-1 Ketuhanan Yang Maha Esa dalam menumbuhkan sikap toleran masyarakat di Komplek Rss Pemda (2) Kendala apa saja yang dihadapi dalam implementasi nilai sila ke-1 Ketuhanan Yang Maha Esa dalam menumbuhkan sikap toleran masyarakat (3) Solusi dalam mengatasi kendala implementasi nilai sila ke-1 dalam menumbuhkan sikap toleran masyarakat di Komplek Rss Pemda. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subyek dalam penelitian ini yaitu Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, dan Masyarakat. Prosedur pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik Observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini analisis data dengan teknik triangulasi sumber dengan membandingkan hasil wawancara yang diperoleh dari masing-masing sumber atau informan untuk mengecek kebenaran informasi. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa implementasi nilai Pancasila Sila ke-1 Ketuhanan Yang Maha Esa dalam menumbuhkan sikap toleran masyarakat di komplek Rss Pemda dapat dilihat melalui program yang dibentuk dan juga kegiatan yang dilaksanakan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

MESIR

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Library & Information Science

Description

MESIR: Journal of Management Education Social Sciences Information and Religion dengan nomor ISSN terdaftar 3032-3851 (Cetak - Print) dan 3032-1883 (Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. MESIR: Journal of Management Education Social ...