cover
Contact Name
T Heru Nurgiansah
Contact Email
therunurgiansah@gmail.com
Phone
+6281322551635
Journal Mail Official
therunurgiansah@gmail.com
Editorial Address
Perumahan Puri Nirwana Bangunjiwo No.A-5 Dusun Kenalan Kelurahan Bangunjiwo Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Journal of Management Education Social Sciences Information and Religion
Published by CV. Rayyan Dwi Bharata
ISSN : 30323851     EISSN : 30321883     DOI : https://doi.org/10.57235
MESIR: Journal of Management Education Social Sciences Information and Religion dengan nomor ISSN terdaftar 3032-3851 (Cetak - Print) dan 3032-1883 (Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. MESIR: Journal of Management Education Social Sciences Information and Religion bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian asli dan review hasil penelitian pada lingkup: 1. Akuntansi, Manajemen, Ekonomi, Bisnis, dll 2. Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran 3. Sosial, Budaya, Politik, Hukum, Agama MESIR: Journal of Management Education Social Sciences Information and Religion diterbitkan 1 tahun 2 kali terbit pada bulan Maret & September.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 100 Documents
Dampak Cerita Bergambar Terhadap Minat Baca Siswa Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 2 SDIT Nabawi Shirly Aulia Zahra
Journal of Management Education Social Sciences Information and Religion Vol 1, No 2 (2024): September 2024
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/mesir.v1i2.3092

Abstract

Minat membaca pada anak-anak, khususnya siswa kelas 2 di SDIT Nabawi, seringkali mengalami penurunan akibat dominasi media digital dan kurangnya minat terhadap bacaan tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dampak penggunaan cerita bergambar dalam meningkatkan minat membaca siswa. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan observasi lapangan dan studi literatur. Literatur yang digunakan diambil dari database Google Scholar, Research Gate, dan Science Direct dalam rentang 10 tahun terakhir. Analisis dilakukan melalui reduksi data dan validasi dengan perbandingan literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan cerita bergambar secara signifikan meningkatkan minat membaca siswa. Observasi menunjukkan bahwa siswa lebih antusias dan aktif dalam kegiatan membaca ketika menggunakan cerita bergambar. Data kuesioner mengungkapkan bahwa 85% siswa lebih menyukai cerita bergambar dibandingkan buku teks biasa, dengan peningkatan frekuensi membaca dan pemahaman bacaan. Pembahasan menyimpulkan bahwa cerita bergambar efektif dalam menarik minat dan meningkatkan keterampilan literasi siswa. Kesimpulannya, cerita bergambar dapat menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan minat membaca siswa kelas 2 SDIT Nabawi. Untuk memaksimalkan manfaat ini, diperlukan kreativitas guru dalam integrasi kurikulum dan dukungan sekolah dalam penyediaan buku berkualitas
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar Aldriansyah Aldriansyah; Sri Agustin; Windiyani Windiyani; Fadhli Dzil Ikrom
Journal of Management Education Social Sciences Information and Religion Vol 1, No 2 (2024): September 2024
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/mesir.v1i2.3030

Abstract

Sebuah Fakta menunjukkan ada banyak sekali siswa yang kurang tertarik dengan keadaan serta lingkungan sekitar, beberapa siswa menunjukkan sifat kurang menelaah atau kritis terhadap segala sesuatu yang terjadi di lingkungan tempat tinggal Mereka baik dalam lingkungan desa perkotaan maupun lingkungan sekolah tempat mereka belajar. Fakta itu menunjukkan kurangnya Kemampuan berpikir kritis pada siswa sekolah dasar terutama pada siswa sekolah dasar SDN Pejaten 1. Tujuan dari penelitian yang kami lakukan di SDN Pejaten satu adalah untuk menentukan penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis anak pada SDN Pejaten 1 kami telah menentukan model pembelajaran yang tepat yaitu model problem based learning atau PBL. Model ini menekankan pada proses pembelajaran yang di orientasi kan dan dipusatkan pada pengenalan masalah serta proses proses penyelesaian masalah yang ada. Dengan menggunakan model ini kami harapkan siswa atau peserta didik setidaknya dapat Mengembangkan dan semakin mengasah kemampuan siswa dalam kemampuan berpikir kritis nya. Sedangkan untuk strategi yang kami gunakan dalam penelitian ini khususnya penelitian tindakan kelas serta observasi, kami menggunakan metode berupa pemikiran terhadap permasalahan pembelajaran di kelas melalui refleksi diri dengan melakukan berbagai kegiatan yang telah kami susun dan kami rancang sedemikian rupa dalam kegiatan penelitian tindakan kelas atau PTK. Alasan kami menggunakan kegiatan PPTK ini untuk menganalisis dan menginvestigasi kegiatan kelas apa saja sih yang biasa dilakukan oleh guru serta instruktur pendidikan di SDN Pejaten, dari hasil analisis kami telah ditemukan beberapa hasil dari persentase kemampuan berpikir kritis yang ada pada siswa kelas 5 di SDN Pejaten 1. Dalam hasil pengamatan serta investigasi kami membagi menjadi dua siklus hasil siklus 1 Terlihat hasil dari kemampuan berpikir kritis anak melalui hasil ketuntasan belajar pada salah satu pelajaran IPA melalui pengelolaan pos tes pada lembar LKS siswa menunjukkan hasil 52% dari 48% hasil belajar akhir dicapai kelas lima sebelum melaksanakan pembelajaran, namun hasil peningkatan tersebut dirasa kurang optimal karena tidak Mencapai 100%. Hal ini dapat terjadi karena efek dari proses implementasi pembelajaran yang kurang efisien dan maksimal makanya perlu kita coba untuk penerapan model model pembelajaran yang lain terutama pada proses penerapan model pembelajaran problem based learningg atau PBL.
Penerapan PSAK 69 Dengan Perhitungan Nilai Wajar atas Aset Biologis (Tandan Buah Segar) pada Perkebunan Sawit (Studi Kasus: Kebun Sawit Dominikus Sudarto) Nasirwan Tanjung; Josep Mikhael Silaen; Philips Rikardo Sitompul; Rahmat Christ Notatema Zai
Journal of Management Education Social Sciences Information and Religion Vol 1, No 2 (2024): September 2024
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/mesir.v1i2.2912

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mengevaluasi penerapan PSAK No. 69 tentang akuntansi agrikultur pada aset biologis, khususnya Tandan Buah Segar (TBS) di Kebun Sawit Dominikus Sudarto yang beralamat di Desa Ibul, Kecamatan Badau Tanjungpandan, Kabupaten Belitung. PSAK 69 mengatur penggunaan pendekatan nilai wajar dalam pengukuran aset biologis, yang diharapkan dapat memberikan laporan keuangan yang lebih akurat dan menarik bagi investor. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah tidak adanya laporan keuangan dan penghitungan nilai wajar terhadap aset biologis Tandan Buah Segar (TBS). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penghitungan nilai wajar aset biologis TBS pada aset Kebun Sawit Dominikus Sudarto. Studi ini menggunakan metodologi studi kasus dengan pendekatan kualitatif, berfokus pada kebun sawit seluas 15 hektar di Desa Ibu, Kecamatan Badau, Tanjungpandan, Kepulauan Bangka Belitung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PSAK 69 meningkatkan nilai aset biologis melalui pengakuan nilai wajar TBS, yang berdampak positif terhadap total aset dalam laporan keuangan. Temuan ini diharapkan memberikan manfaat praktis bagi perusahaan perkebunan sawit serta kontribusi literatur dalam bidang akuntansi agrikultur.
Pengaruh Intensitas Persediaan, Intensitas Modal, dan Kepemilikan Publik Terhadap Agresivitas Pajak Bella Amelia Putri; Yulianto Yulianto
Journal of Management Education Social Sciences Information and Religion Vol 1, No 2 (2024): September 2024
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/mesir.v1i2.2903

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memperoleh bukti secara empiris mengenai pengaruh intensitas persediaan, intensitas modal dan kepemilikan publik terhadap agresivitas pajak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yang diambiol dari situs resmi Bursa Efek Indonesia (BEI) dan pada situs resmi masing-masing perusahaan. Populasi dalam penelitian ini yaitu perusahaan manufaktur barang konsumen primer Non-cyclical  Subsektor Food Beverage yang terdaftar di (BEI) tahun 2018-2022. Prosedur pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan metode Purposive Sampling, dari 94 perusahaan yang memenuhi kriteria hanya 19 perusahaan. Adapun metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model regresi linier berganda dengan data panel. Pengujian dilakukan dengan menggunakan bantuan Eviews 13. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa secara simultan Intensitas persediaan, intensitas modal dan kepemilikan publik berpengaruh signifikan terhadap agresivitas pajak. Secara parsial Intensitas persediaan dan kepemilikan publik tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak. Sedangkan variabel intensitas modal memiliki pengaruh dan signifikan terhadap agresivitas pajak.
Penerapan Media Pembelajaran Augmented Reality Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Siswa Sekolah Dasar Ningrum Fadillah Yuniadi; Riska Cintia; Fadhli Dzil Ikrom
Journal of Management Education Social Sciences Information and Religion Vol 1, No 2 (2024): September 2024
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/mesir.v1i2.3020

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi integrasi dan dampak augmented reality (AR) dalam pembelajaran matematika. Melalui tinjauan pustaka yang mendalam, studi ini mengeksplorasi bagaimana teknologi AR dimanfaatkan untuk memperkaya proses belajar mengajar matematika. Studi ini bertujuan untuk memahami efektivitas AR dalam meningkatkan pengalaman dan pemahaman siswa, serta integrasinya ke dalam kurikulum. Temuannya mengindikasikan bahwa AR secara substansial memperkaya pengalaman pembelajaran, meningkatkan tingkat keterlibatan, serta memfasilitasi pemahaman konsep-konsep yang kompleks, seperti geometri ruang dan grafik fungsi, melalui visualisasi. Selain itu, AR berperan dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa, memudahkan pemahaman materi yang kompleks, penerapan AR memiliki manfaat tambahan untuk siswa yang mengalami kesulitan belajar. Namun, tantangannya mencakup kebutuhan akan sumber daya, pelatihan guru, dan integrasi teknologi yang efektif. Solusi yang direkomendasikan meliputi pelatihan intensif bagi guru, peningkatan infrastruktur teknologi di sekolah, serta penelitian lebih lanjut mengenai implementasi pembelajaran berbasis AR. Secara keseluruhan, AR memiliki potensi yang besar untuk meningkatkan pendidikan matematika, namun untuk mencapai integrasi yang optimal, kerjasama yang erat antara peneliti, pendidik, dan ahli teknologi sangat diperlukan
Keadilan Dalam Perspektif Hukum Islam Bambang Sugiharto; Sri Rahmanita; Sabilla Cahya Kinanti; Raissa Puan Andrina; Bagus Hermansyah
Journal of Management Education Social Sciences Information and Religion Vol 1, No 2 (2024): September 2024
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/mesir.v1i2.3121

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis keadilan dan tujuan hukum dalam persefektif  hukum Islam. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, hasil penelitian ini adalah keadialan dan tujuan hukum dalam persefektif hukum Islam terdapat pada prinsip-prinsip dasar dalam landasan Islam. Di semua negara, baik dalam bidang hukum, pemerintahan, dan politik, serta isu keadilan dan resolusi konflik. Sebagai pembenaran atas keberadaan seluruh organ dan lembaga negara, dan sebagai asas penegakan hukum, maka berlaku pula hukum dan segala peraturan terhadap segala sesuatu yang bergerak dalam negara dan masyarakat.
Kontribusi Penggunanan Metode Pembelajaran Demonstrasi Terhadap Perolehan Hasil Belajar Siswa Ahyan Mujahidittauhid; Alifiya Rizky Anjani; Hassa Noviana; Pipin Nur Aprilia; Edy Herianto
Journal of Management Education Social Sciences Information and Religion Vol 1, No 2 (2024): September 2024
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/mesir.v1i2.3056

Abstract

Metode demonstrasi merupakan metode yang memperagakan materi pembelajaran baik secara langsung maupun dengan bantuan media pembelajaran relevan. Tujuannya adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah memperoleh kontribusi dari penggunaan metode demontrasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitaif menggunakan pre eksperimen dengan desain one group pre-test and posttest. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X MAN 1 Mataram, satu kelas diambil sebagai sampel yaitu kelas XH.yang ditentukan secara purposif. Hipotesi penelitian diuji dengan menggunakan Uji t. Hasilnya menunjukkan bahwa Nilai sig. 2 tailed = 0,000 0,05 . Kesimpulannya adalah Hipotesis null ditolak. Artinya, ada penerapan model pembelajaran metode demontrasi memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perolehan hasil belajar siswa.
Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dengan Menggunakan Media Web Sanggar Belajar (Studi Deskriptif pada kelas XI di SMA Negeri 8 Kota Serang) Ma’rifah Tuddiniyah; Damanhuri Damanhuri; Ria Yuni Lestari
Journal of Management Education Social Sciences Information and Religion Vol 1, No 2 (2024): September 2024
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/mesir.v1i2.2981

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan menggunakan media web Sanggar Belajar di SMA Negeri 8 Kota Serang, serta untuk mengetahui bagaimana kendala yang dihadapi dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan menggunakan media web Sanggar Belajar di SMA Negeri 8 Kota Serang, dan untuk mengetahui bagaimana solusi yang dilakukan dalam mengatasi kendala pembelajaran pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam menggunakan web Sanggar Belajar di SMA Negeri 8 Kota Serang. Penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dengan cara menggunakan observasi wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dikemukakan bahwa dalam media web Sanggar Belajar telah dimanfaatkan dan digunakan dengan baik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMA Negeri 8 Kota Serang sebagai media penunjang pembelajaran. Guru mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan telah mengikuti dan diberikan pelatihan pembelajaran berbasis web yang diberi nama web Sanggar Belajar untuk proses pembelajaran. Sehingga peserta didik dapat dengan mudah menggunakan media web Sanggar Belajar dalam pembelajaran karena materinya dapat dikases dan digunakan dimana saja dan kapan saja sehingga pembelajaran lebih mudah digunakan oleh peserta didik. Kendala yang dihadapi dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam menggunakan web Sanggar Belajar yaitu jaringan internet, sistem server yang bermasalah, selain itu terdapat beberapa peserta didik yang kurang fokus dalam pembelajaran. Adapun solusi untuk mengatasi kendala dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan menggunakan media web Sanggar Belajar adalah dengan memperhatikan dan meningkatkan 1) kebijakan dan perencanaan, 2) Kepemimpinan, 3) Infastruktur dan sumber daya, 4) Manajemen, 5) kemampuan dan kompetensi mengajar dari guru, dan 6) tingkat dukungan teknis
Pengelolaan Situs Cagar Budaya Istana Rokan dan Rumah Hulubalang Kabupaten Rokan Hulu Shoffya Rifda Putri; Mimin Sundari
Journal of Management Education Social Sciences Information and Religion Vol 1, No 2 (2024): September 2024
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/mesir.v1i2.2530

Abstract

Pengelolaan situs cagar budaya istana rokan dan rumah hulubalang Kabupaten Rokan Hulu yang mana Cagar Budaya ini dikelola oleh balai pelestarian nilai budaya Provinsi Kepulauan  Riau, cagar budaya istana rokan dan rumah hulubalang memiliki beberapa permasalahan yaitu sumber daya manusia yang belum professional, kurangnya promosi destinasi wisata Istana Rokan dan rumah hulubalang, masih banyaknya sarana dan prasarana di destinasi wisata yang rusak dan kurang layak, serta penganggaran rehab belum optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pengelolaan situs cagar budaya istana rokan dan mengetahui faktor penghambat pengelolaan cagar budaya istana rokan dan rumah hulubalang yang ada di Kabupaten Rokan Hulu. Metode Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Adapun penelitian ini dilakukan di Kabupaten Rokan Hulu dan di Desa Koto Ruang, Kecamatan Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau. Informan penelitian ini terdapat 5 orang informan. Jenis data penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang berupa data dan informasi yang berasal dari sumber utama dan informan penelitian, dan data sekunder berupa dokumen-dokumen yang diperoleh dari dokumen terkait. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Pengelolaan cagar budaya istana rokan dan rumah hulubalang dikelola oleh Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah IV dengan indicator perencanaan, pengorganisasian, pengawasan, dan evaluasi. Kemudian terdapat faktor penghambat yaitu faktor penghambat internal dan eksternal. Sehingga peneliti simpulkan kurang maksimalnya pengelolaan, karena masih terbengkalainya Cagar Budaya Istana Rokan dan rumah hulubalang, kurang partisipasi Masyarakat dalam pelestarian istana rokan, kurangnya kunjungan yang dilakukan, dan kurang maksmial kinerja yang dilakukan juru pelihara dikarenakan minimnya tenaga SDM dalam pengelolaan yang diberikan tugas oleh BPNB.
Internalisasi Karya Sastra Ketika Burung Merpati Sore Melayang Dengan Kajian Pragmatik Ester Marga Retta; Rosmawaty Harahap; Enjelita Nopri Handayani Hutagalung; Mutiara Aprilia; Nayla Apriani Lubis; Nazwa Salsabila Pasaribu; Nurul Annisa; Soraya Firanti Nur
Journal of Management Education Social Sciences Information and Religion Vol 1, No 2 (2024): September 2024
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/mesir.v1i2.3097

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses internalisasi terhadap karya sastra Ketika Burung Merpati Sore Melayang. Internalisasi merupaka suatu penghayatan nilai-nilai dan atau normanorma sehingga menjadi kesadaran yang diwujudkan dalam sikap dan perilaku. Internalisasi karya sastra dapat diterapkan dengan membaca sebuah puisi. Puisi merupakan sebuah wujud karya sastra yang memakai kata-kata indah dan penuh makna. Melalui pandangan pragmatik, kita dapat memahami bagaimana makna dari puisi tersebut. Pragmatik merupakan suatu pendekatan kritik sastra yang melihat karya sastra sebagai media untuk menyampaikan tujuan tertentu kepada pembaca Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif karena menjelaskan analisis dan hasilnya dengan kata-kata dan bukan dengan angka. Metode ini dilakukan dengan cara mendeskripsikan fakta-fakta yang kemudian akan dianalisis. Oleh karena itu penelitian ini dibuat dengan mengambil judul “Internalisasi Karya Sastra Ketika Burung Merpati Sore Melayang dengan Kajian Pragmatik”.

Page 1 of 10 | Total Record : 100