Penelitian ini betujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Matematika siswa kelas IV SDN 1 Sukamanah pada materi bangun datar. Dengan memerlukan suatu upaya yaitu model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) yang mengintegarasikan TPACK. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN 1 Sukamanah yang terdiri dari 53 siswa, 20 siswa laki-laki dan 33 siswa perempuan. Tetapi pada penelitian ini hanya mengambil 31 siswa untuk dijadikan subjek penelitian, dikarenakan pada siklus I hanya 31 siswa yang hadir dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan TPACK yang menggunakan media pembelajaran Power Point (PPT), penggunaan TPACK ini sangat membantu peserta didik untuk lebih fokus serta mudah memahami pelajaran dikarenakan menggunakan media yang menarik. Jenis penelitian ini yaitu menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes hasil belajar yang dilakukan pada siklus I dan siklus II dengan menggunakan model pembelajaran PBL yang mengintegrasikan TPACK. Hasil belajar pada tahap siklus I menunjukan bahwa hanya 32% siswa yang mencapai KKM. Kemudian, pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 55% siswa yang mencapai KKM, sehingga ketuntasan klasikal kelas IV pada mata pelajaran Matematika sudah mencapai 87%. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang Mengintegrasikan TPACK memiliki keunggulan dalam meningkatkan hasil belajar Matematika peserta didik kelas IV SDN 1 Sukamanah
Copyrights © 2024