Journal of Management Education Social Sciences Information and Religion
Vol 1, No 2 (2024): September 2024

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Materi Sunan Giri untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa

Herlinawati Herlinawati (Universitas Nusa Putra)
Dini Haryanti (Universitas Nusa Putra)
Syahra Ahta Pratiwi (Universitas Nusa Putra)
Ervin Amelia (Universitas Nusa Putra)
Rinaldi Yusup (Universitas Nusa Putra)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya peningkatan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam dengan model problem based learning pada kelas VI MI Daar Al- Hanan.  Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjeknya adalah siswa kelas VI MI Daar Al-Hanan yang berjumlah 18 siswa dengan metode pengambilan sampel acak sederhana (Simpel Random Sampling). Desain PTK menggunakan model Kemmis dan McTaggart yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan Tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar, hal ini dapat dilihat dari ketuntaasan KKM siswa pra tindakan dan pada siklus I terjadi peningkatan nilai rata-rata dari nilai pre tes atau pra siklus yaitu  nilai rata-rata  70 menjadi 73 dengan ketuntasan klasikal yaitu 30%. Dan setelah dilakukan penelitian tindakan kelas siklus II  terjadi peningkatan nilai rata-rata dari 70 menjadi 78,25 dengan ketuntasan klasikal yaitu 80%. Dengan demikian penggunaan model problem based learning terbukti dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Sunan Giri.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

MESIR

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Library & Information Science

Description

MESIR: Journal of Management Education Social Sciences Information and Religion dengan nomor ISSN terdaftar 3032-3851 (Cetak - Print) dan 3032-1883 (Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. MESIR: Journal of Management Education Social ...