E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 2 No 3: September 2022

PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN MELALUI PEMBUATAN BATIK JUMPUTAN BERBASIS DIGITAL MARKETING

Tumin Tumin (Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)
Muh. Naim Madjid (Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2022

Abstract

Seiring dengan tumbuh pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era revolusi industry 4.0, masyarakat dituntut untuk mengikuti perkembangan tersebut, salah satunya dalam bidang marketing produk UMKM. Desa Pagejugan yang terletak di Kabupaten Brebes, memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan seperti pada usaha batik. Tetapi masalah yang ditemukan pada mitra batik ketika pengabdi melakukan observasi adalah mereka belum mampu memasarkan produk secara luas. Mereka hanya biasa memasarkan produknya hanya didaerah sekitar tinggal mereka dan masih berjualan secara langsung dengan pembeli. Oleh karena itu, solusi yang ditawarkan oleh pengabdi adalah perlu adanya pemberdayaan dan pendampingan dalam membuat serta mengelola produksi dan pemasaran UMKM batik melalui media online. Metode yang digunakan adalah dengan mengadakan sosialisasi serta demonstrasi bagaimana cara membuat batik jumputan bagi mitra dan melakukan pendampingan pembuatan dan pengelolaan media sosial dan marketplace untuk menjual produk batik mereka

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Amal

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions

Description

E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, with registered number ISSN 2774-8316 (print), ISSN 2775-0302 (online) is a scientific multidisciplinary journal published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) STP Mataram. It is in the ...