Pragmatik: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
Vol. 1 No. 1 (2024): Pragmatik: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan

PENGEMBANGAN MEDIA KINCIR ANGIN PANEL SURYA (KIPAS) BERBASIS STEM PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS III SD NEGERI 101822 PANCURBATU

Thessa Herdyana (Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran kincir angin panel surya (KIPAS) berbasis STEM kepada siswa dan untuk mengetahui tingkat kelayakan penggunaan media, serta mengetahui tingkat kepraktisan media melalui respon pendidik dan siswa setelah menggunakan media pembelajaran kincir angin panel surya (KIPAS) berbasis STEM. Metode penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas III  di SD Negeri 101822 Pancurbatu. Hasil penelitian dan pengembangan memperoleh desain berupa media pembelajaran kincir angin panel surya (KIPAS) berbasis STEM pada pembelajaran IPA kelas III di SD Negeri SD Negeri 101822 Pancurbatu memperoleh nilai kelayakan 92% oleh ahli media, 91,76% oleh ahli materi. Respon siswa terhadap kepraktisan media memperoleh nilai rata-rata 80%.  Berdasarkan hasil uraian diatas maka produk yang dikembangkan oleh peneliti layak dan praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jip

Publisher

Subject

Education

Description

Pragmatik: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh CV. Anugerah Duta Perdana bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi di Indonesia. Pragmatik: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan akan terbit 2 (dua) kali dalam setahun, pada periode Maret - Agustus dan September dan ...