Bakoba: Journal of Social Science Education
Vol. 1 No. 1 (2021): Bakoba : Journal of Social Science Education

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IX MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 BANGUN PURBA

Reni Tania (Universitas Pasir Pengaraian)
Welven Aida (Universitas Pasir Pengaraian)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IX mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Bangun Purba. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas IX dengan jumlah siswa 44 dan sampel penelitiannya adalah siswa kelas IX A dan kelas IX B yang berjumlah 44 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah dengan teknik simple random sampling dan untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah dengan cara di undi (random). Untuk memperoleh data tentang pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa adalah dengan observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Instrumen penelitian yang di gunakan adalah soal berbentuk uraian. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus uji t-test adalah = 4,2436 > = 2,0190 dengan α = 0,05. Hal ini berarti terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IX SMP Negeri 1 Bangun Purba.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

bakoba

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal BAKOBA diterbitkan dengan maksud untuk mengumpulkan karya ilmiah dari hasil penelitian dan/atau yang setara dengan hasil penelitian dalam bidang kependidikan dan mempublikasikan karya ilmiah tersebut. BAKOBA terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Isi artikel yang dimuat ...