Pada proses pembelajaran IPS di kelas V SDN 010 Rambah siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan ada sebagian siswa yang tidak memperhatikan guru yang sedang menjelaskan dan nilai – nilai siswa pun dikelas tersebut masih banyak yang belum mencukupi KKM. Untuk itu diperlukan perbaikan pembelajaran yang sesuai dengan keadaan siswa dan materi yang diajarkan dari metode ceramah ke metode demontrasi. Subjek penelitian kali ini adalah siswa kelas V SDN 010 Rambah yang berjumlah 30 orang. Jenis penelitian yang akan dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Prosedur pelaksanaannya yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi Sedangkan sebagai alat penilai dalam penelitian ini berupa tugas siswa dan Alat Penilaian Kemampuan Guru (APKG). Hasil dari penelitian menunjukkan kemampuan siswa meningkat dibuktikan naiknya nilai siswa dari siklus ke siklus. Pada siklus 1 rata nilai anak (68,33) sedangkan pada siklus 2 rata- rata naik menjadi (81,33)dan mencapai ketuntasan 100%. Dengan hasil ini bisa disimpulkan bahwa metode demontrasi bisa meningkat hasil belajar siswa pada mata pelajaran sains
Copyrights © 2021