Bakoba: Journal of Social Science Education
Vol. 1 No. 2 (2021): Bakoba : Journal of Social Science Education

PENGARUH PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI MTS THAMRIN YAHYA KECAMATAN RAMBAH HILIR




Article Info

Publish Date
17 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan metode discovery learning terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII di MTs Thamrin Yahya Kecamatan Rambah Hilir. Penulis menggunakan metode penelitian eksperimen semu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran discovery learning terhadap keaktifan belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari perbedaan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen menggunakan metode discovery learning memiliki skor tertinggi 95 dan skor terendah 56 dengan nilai rata-rata 75,24. Pada kelas kontrol menggunakan metode konvensional memiliki skor tertinggi 85 dan skor terendah 59 dengan skor rata-rata 70,58. Penggunaan metode discovery learning lebih tinggi dibandingkan dengan metode konvensional. Pada uji hipotesis Jika lebih besar dari maka diterima dan ditolak. Dari perhitungan sebesar 1,692 dibandingkan dengan (df 56 yaitu 0,2586 taraf signifikan 5% jadi > maka diterima dan ditolak.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

bakoba

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal BAKOBA diterbitkan dengan maksud untuk mengumpulkan karya ilmiah dari hasil penelitian dan/atau yang setara dengan hasil penelitian dalam bidang kependidikan dan mempublikasikan karya ilmiah tersebut. BAKOBA terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Isi artikel yang dimuat ...