Bakoba: Journal of Social Science Education
Vol. 2 No. 1 (2022): Bakoba : Journal of Social Science Education

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII MTs : THE INFLUENCE OF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) COOPERATIVE LEARNING MODEL ON THE STUDENTS' STUDENTS' IPS STUDY OUTCOMES FOR THE VIII CLASS MTs




Article Info

Publish Date
25 Feb 2022

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa Kelas VII MTs Menaming. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi eksperiment). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Team Achuviment Division (STAD) terhadap hasil belajar IPS siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Menaming. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A yang berjumlah 20 orang siswa dan siswa kelas VII B yang berjumlah 20 orang siswa. Desain penelitian ini menggunakan pretest dan postest, dengan dasar pengambilan Ho ditolak apabila thitung < ttabel dan diterima Ho apa bila thitung > ttabel. Hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test diperoleh data thitung > ttabel = 2,666 > 1,682. Jadi dapat disimpulkan bahwa siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran STAD berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs menaming tahun pembelajaran 2020/2021

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

bakoba

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal BAKOBA diterbitkan dengan maksud untuk mengumpulkan karya ilmiah dari hasil penelitian dan/atau yang setara dengan hasil penelitian dalam bidang kependidikan dan mempublikasikan karya ilmiah tersebut. BAKOBA terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Isi artikel yang dimuat ...