Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap minat belajar pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP Negeri 2 Rambah Hilir. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode regresi, populasi dalam penelitian ini berjumlah 63 siswa kelas VII dan teknik sampel yang digunakan adalah total sampling serta teknik regresi linier sederhana. Hasil Penelitian ini menunjukkan nilai variabel lingkungan belajar sebesar 77,6% masuk dalam kategori baik sedangkan variabel minat belajar sebesar 78,1% masuk dalam kategori baik. Berdasarkan uji hipotesis yang telah dilakukan diperoleh nilai 4.934 > 1.670 pada taraf signifikansi 5%, artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar terhadap minat belajar pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP Negeri 2 Rambah Hilir. Berdasarkan koefisien determinasi yang menyatakan bahwa nilainya mempengaruhi lingkungan belajar terhadap minat belajar pada mata pelajaran IPS dengan nilai kontribusi 28,5% sedangan sisanya 71,5% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini. Saran dalam penelitian ini adalah untuk selalu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, menyenangkan dan nyaman agar minat belajar siswa menjadi maksimal dan optimal khususnya pada mata pelajaran IPS.
Copyrights © 2023