Masalah dalam penelitian ini adalah adanya perilaku sosial siswa yang bersifat positif dan negative seperti berkelompok, berbagi, bergaul dan kedisiplinan siswa di SMPN 4 Rambah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku sosial siswa di SMP Negeri 4 Rambah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN 4 Rambah yang berjumlah 50 siswa dan 2 guru IPS. Sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling artinya teknik pengambilan sampel atau informan sumber data dengan pertimbangan tertentu yang dianggap paling tahu tantang perilaku sosial siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya macam-macam perilaku sosial yang biasa dilakukan oleh siswa IPS di SMPN 4 Rambah yakni a) Pemberani seperti perilaku berani dalam berinteraksi sesama teman dan berani dalam melakukan kegiatan belajar, b) Bergaul seperti perilaku siswa yang suka bergaul dengan teman dan ketika sulit bergaul adanya solusi yang diberikan guru dengan membentuk kelompok belajar, c) Ramah seperti perilaku ramah kepada guru dan orang lain, d) Simpati, seperti menunujukan rasa simpati kepada siswa ketika sakit dan ikut membantu ketika ada musibah pada teman, e) Suka bersaing, seperti bersaing mendapatkan prestasi di sekolah, f) Patuh seperti patuh terhadap guru di kelas, g) Menonjolkan diri seperti suka menonjolkan diri dengan menjawab setiap pertanyaan guru di depan kelas.
Copyrights © 2023