Penelitian ini berdasarkan pada latar belakang masalah mengenai peran guru IPS dalam meningkatkan motivasi belajar kepada siswa dimana tugas guru sebagai pendidik tidak hanya menyampaikan materi pelajaran di dalam kelas saja akan tetapi harus bisa memberikan motivasi kepada siswa. untuk menumbuhkan motivasi belajar maka peranan guru sangatlah dibutuhkan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar IPS di MTS Negeri 3 Rokan Hulu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Populasi dalam penelitian ini adalah Guru MTS Negeri 3 Rokan Hulu. Yang berjumlah 56 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah Guru IPS di MTS Negeri 3 Rokan Hulu yang berjumlah 4 0rang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa Peranan guru IPS dalam meningkatkan motivasi belajar IPS peserta didik di MTS Negeri 3 Rokan Hulu ada 2 yaitu 1. Peran guru dalam meningkatkan motivasi ekstrinsik siswa, seperti sebagai seorang motivator guru memberikan pujian, hadiah dan imbalan. Selain itu peran guru sebagai evaluator dengan memberikan ulangan serta memberi angka. sebagai fasilitator dimana guru membuat suasana kelas yang menyenangkan, memberikan fasilitas dalam proses belajar mengajar dan juga berperan sebagai mediator membuat siswa berkompetisi dan membuat persaingan pada siswa. 2 Peran guru dalam meningkatkan motivasi instrinsik siswa sebagai motivator seperti memberi penyadaran terhadap siswa, memberikan nasehat dan menumbuhkan minat siswa.
Copyrights © 2024