Kebudayaan Hindu-Buddha di Nusantara mewariskan artefak-artefak arkeologi yang tersebar di seluruh pelosokkepulauan ini. Salah satu artefak tersebut berupa mukhalingga yang ditemukan di Nanga Sepauk, Kalimantan Barat.Mukhalingga mengandung simbol religi agama Hindu. Simbol tersebut dilatarbelakangi oleh struktur budaya masyarakatyang menciptakan artefak tersebut. Selama ini penelitian arkeologi terhadap mukhalingga membahas hanya kronologibudaya tanpa meneliti aspek struktur budayanya. Penelitian kali ini berupaya mengungkap struktur budaya yangmelatarbelakangi pendirian mukhalingga. Tujuan penelitian ini adalah memahami sejarah budaya masyarakat masa lalu diNanga Sepauk. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan analisis struktural. Analisis dilakukan denganmenguraikan aspek asosiatif dan paradigmatif mukhalingga. Hasil analisis struktural menunjukkan bahwa mukhalinggamerupakan wujud dari tiga aspek, yaitu kekuatan Siwa, siklus kehidupan, dan dualisme gagasan. Pada konteks sejarahbudaya di Nanga Sepauk keberadaan mukhalingga menunjukkan adanya Siwaisme, kultus dewarâja, dan keberadaanmandala. The Hindu-Buddhist culture in Nusantara bequeaths archaeological artefacts scattered throughout the archipelago.One of such artefacts is the mukhalingga found in Nanga Sepauk, West Kalimantan. A mukhalingga contains religioussymbols of Hinduism which is formed by the cultural structure of a community who created the artefact. Until today,archaeological studies of mukhalingga discuss only its cultural chronology without examining the structural aspects of theculture. This research attempts to disclose the cultural structure underlying the establishment of a mukhalingga. Theobjective of this study is to understand the cultural history of the past in Nanga Sepauk. The research method used isqualitative with structural analysis. The analysis is carried out by breaking down the associative and paradigmative aspectsof a mukhalingga. The results of structural analysis suggest that a mukhalingga is a manifestation three aspects, i.e. thepower of Siwa, life cycle, and dualism of ideas. Regarding the context of cultural history in Nanga Sepauk the existence ofmukhalingga suggests the presence of Siwaisme, dewarâja cult, and the mandalas.
Copyrights © 2019