Jurnal Matematika, Komputasi dan Statistika
Vol. 3 No. 3 (2023): September-Desember

PENERAPAN METODE FUZZY MAMDANI TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN BERDASARKAN HARGA DAN KUALITAS PELAYANA : PENERAPAN METODE FUZZY MAMDANI

Anggita Septiawati (Program Studi Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia)
Arman (Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Halu Oleo, Kendari)
Norma Muhtar (Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Halu Oleo, Kendari)
Wayan Somayasa (Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Halu Oleo, Kendari)
Alfian (Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Halu Oleo, Kendari)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2024

Abstract

Pada penelitian ini dibahas mengenai tingkat kepuasan pelanggan yang dibuat dalam metode fuzzy mamdani. Kepuasaan pelanggan menjadi salah satu faktor terpenting dalam dunia pebisnis sehingga kepuasan pelanggan menjadi tolak ukur yang harus diperioritaskan oleh pelaku pebisnis. Untuk mengukur kepuasan pelanggan terdapat berbagai hal yang harus diperhatikan tidak hanya dari segi rasa, kualitas pelayanan dan harga juga sangat berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pelanggan, sehingga untuk tingkat kepuasan pelanggan di Warkop Kopi Kita menggunakan metode fuzzy mamdani dan dibantu dengan Microsofft Office Ecsel. Untuk mendapatkan nilai output dilakukan dalam beberapa tahap yaitu: pembentukan himpunan fuzzy, menentukan fungsi keanggotaan, menentukan fungsi implikasi dan komposisi aturan dimana pada metode mamdani, fungsi implikasi yang digunakan adalah min dalam persamaan operator fuzzy and sedangkan komposisi aturan yang digunakan pada metode mamdani yaitu aplikasi max dari operator fuzzy or, melakukan penegasan( defuzzyfikasi). Ada 2 variabel input yang digunakan yaitu harga dan kepuasan pelanggan, dan ada 1 output yang digunakan yaitu kepuasaan pelanggan. Logika fuzzy merupakan sistem untuk memecahkan masalah, dengan menerapkan logika fuzzy dalam mendukung keputusan yang akan diambil diharapkan menghasilkan suatu keputusan sesuai dengan yang diharapkan. Dengan mengetahui tingkat kepuasan pelanggan tersebut tentunya Warkop Kopi Kita dapat mengetahui tingkat kepuasan yang didapatkan dari pelanggan yang berkunjung ke Warkop Kopi Kita.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Computer Science & IT Mathematics

Description

Jurnal Matematika Komputasi dan Statistika (JMKS) diresmikan pada tahun 2020. Secara administrasi JMKS diasuh oleh Jurusan Matematika FMIPA UHO dan berada di bawah pembinaan langsung Dekan FMIPA dan ketua Jurusan Matematika FMIPA UHO. Jurnal Matematika Komputasi dan Statistika (JMKS) merupakan media ...