Jurnal Matematika, Komputasi dan Statistika
Vol. 3 No. 3 (2023): September-Desember

SIFAT-SIFAT MATRIKS KETETANGGAAN PADA GRAF RODA: MATRIKS KETETANGGAAN PADA GRAF RODA

Nasrul (Program Studi Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia)
Arman (Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Halu Oleo, Kendari)
Jufra (Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Halu Oleo, Kendari)
Wayan Somayasa (Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Halu Oleo, Kendari)
Herdi Budiman (Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Halu Oleo, Kendari)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2024

Abstract

Graf roda merupakan graf yang diperoleh dengan cara menambahkan satu titik pada graf lingkaran Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui cara menentukan sifat-sifat matriks ketetanggaan pada graf roda, juga untuk mengetahui sifat-sifat matriks ketetanggaan pada graf roda. Selanjutnya untuk menentukan sifat-sifat matriks ketetanggaan pada graf roda dimulai dari mendeskripsikan matriks ketetanggaan dari graf roda , mencari dan mengamati nilai determinan, invers, nilai eigen dan vektor eigen. Determinan matriks ketetanggaan pada graf roda yaitu: untuk graf roda dimana dan maka ; dan maka ; dan maka . Nilai invers matriks ketetanggaan pada graf roda yaitu untuk graf roda dimana tidak memiliki invers, untuk graf roda dimana dan dan memiliki invers. Entri-entri diagonal utama matriks yang didiagonalisasi sama dengan nilai eigennya dan jumlah entri diagonal utamanya atau trace adalah nol.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Computer Science & IT Mathematics

Description

Jurnal Matematika Komputasi dan Statistika (JMKS) diresmikan pada tahun 2020. Secara administrasi JMKS diasuh oleh Jurusan Matematika FMIPA UHO dan berada di bawah pembinaan langsung Dekan FMIPA dan ketua Jurusan Matematika FMIPA UHO. Jurnal Matematika Komputasi dan Statistika (JMKS) merupakan media ...