Jurnal Matematika, Komputasi dan Statistika
Vol. 4 No. 1 (2024): Januari-April

PENERAPAN PROGRAM LINEAR BILANGAN BULAT MENGGUNAKAN METODE CABANG DAN BATAS DALAM OPTIMASI LAYANAN JASA MA XPRESS LAUNDROMAT: PROGRAM LINEAR BILANGAN BULAT DALAM OPTIMASI LAYANAN JASA MA XPRESS LAUNDROMAT

Wa Irta (Program Studi Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia)
Jufra (Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Halu Oleo, Kendari)
Norma Muhtar (Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Halu Oleo, Kendari)
Edi Cahyono (Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Halu Oleo, Kendari)
Muhammad Kabil Djafar (Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Halu Oleo, Kendari)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2024

Abstract

Setiap pelaku usaha, terutama yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa pasti ingin menghasilkan keuntungan yang banyak dengan modal yang sedikit agar tetap dapat bersaing dalam dunia bisnis. Salah satunya usaha layanan jasa laundry Ma Xpress Laundromat yang beralamat di Jalan Jendral A.H. Nasution, Kelurahan Kambu, Kecamatan Kambu, Kota Kendari. Kesalahan dalam merencanakan suatu usaha laundry akan berakibat pada keuntungan yang tidak maksimal, sehingga untuk mencegah kesalahan dalam perencanaan tersebut perlu memaksimalkan keuntungan dengan menggunakan metode yang tepat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Cabang dan Batas yaitu penggunaan program linear dari hasil Metode Simpleks yang belum bernilai bilangan bulat sehingga dilakukannya pencabangan dan pembatasan terhadap variabel keputusan yang masih bernilai pecahan. Penelitian ini juga didukung dengan penggunaan Software LINDO agar analisis yang dilakukan lebih mudah dan cepat. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini mencapai keuntungan maksimal sebesar dengan memproduksi layanan laundry pakaian sebanyak 2.319 kg, boneka sebanyak 29 buah, bad cover sebanyak 261 lembar, selimut sebanyak 262 kg, seprei sebanyak 218 kg, tas sebanyak 161 kg dan gorden sebanyak 131 kg. Keuntungan sebelum menggunakan Metode Cabang dan Batas adalah sebesar Rp. 22.562.000, sehingga hasil ini meningkat 5,01% setelah menggunakan Metode Cabang dan Batas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Computer Science & IT Mathematics

Description

Jurnal Matematika Komputasi dan Statistika (JMKS) diresmikan pada tahun 2020. Secara administrasi JMKS diasuh oleh Jurusan Matematika FMIPA UHO dan berada di bawah pembinaan langsung Dekan FMIPA dan ketua Jurusan Matematika FMIPA UHO. Jurnal Matematika Komputasi dan Statistika (JMKS) merupakan media ...