Jurnal Matematika, Komputasi dan Statistika
Vol. 4 No. 1 (2024): Januari-April

OPTIMALISASI PERSEDIAAN BAHAN BAKU BAGI KELANCARAN PROSES PRODUKSI PADA TOKO ROTI AUFA BAKEERY MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY EOQ: OPTIMALISASI PERSEDIAAN BAHAN BAKU BAGI KELANCARAN PROSES PRODUKSI PADA TOKO ROTI AUFA BAKEERY

Resti Azari (Program Studi Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia)
Herdi Budiman (Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Halu Oleo, Kendari)
La Ode Saidi (Program Studi Ilmu Komputer, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan, Indonesia)
Wayan Somayasa (Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Halu Oleo, Kendari)
Baharuddin (Program Studi Statistika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Halu Oleo, Kendari)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil perhitungan optimalisasi biaya persedian bahan baku secara konvensional dan secara metode EOQ (Economic Order Quantity). penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah data persediaan bahan baku yaitu tepung terigu, mentega, dan pengembang roti yang dimiliki oleh Toko Roti Aufa Bakery daribulan Januari sampai Desember 2021. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan dengan menggunakan metode EOQ, dapat diketahui rincian totalbiaya persediaan bahan baku tepung terigu sebesar Rp. dan menghemat biaya persediaan sebesar Rp. . Kemudian untuk bahan baku mentega sebesar Rp. dan menghemat biaya persediaan sebesar Rp. Kemudian untuk bahan baku pengembang roti sebesar Rp. dan menghemat biaya persediaan sebesar Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perhitungan persediaan bahan baku menggunakan metode konvensional lebih besar dibandingkan dengan perhitungan menggunakan metode EOQ. Sehingga perhitungan menggunakan metode EOQ lebih optimal dibandingkan menggunakan metode konvensional.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Computer Science & IT Mathematics

Description

Jurnal Matematika Komputasi dan Statistika (JMKS) diresmikan pada tahun 2020. Secara administrasi JMKS diasuh oleh Jurusan Matematika FMIPA UHO dan berada di bawah pembinaan langsung Dekan FMIPA dan ketua Jurusan Matematika FMIPA UHO. Jurnal Matematika Komputasi dan Statistika (JMKS) merupakan media ...