Prosiding Simposium Nasional Manajemen dan Bisnis
Vol. 2 (2023): Simposium Manajemen dan Bisnis

ANALISIS KEPUTUSAN PENGGUNAAN SHOPEEPAY BERDASARKAN PROMOSI, PERSEPSI KEMANFAATAN DAN PERSEPSI KEMUDAHAN (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS PGRI KEDIRI)

Riska Andana (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Basthoumi Muslih (Universitas Nusantara PGRI Kediri)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh promosi, persepsi kemanfaatan, dan persepsi kemudahan terhadap keputusan penggunaan ShopeePay. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik assosiatif. Penentuan sampel sebanyak 40 respondern dengan terori Roscoe dan menggunakan teknik Sampling Purposive dengan kriteria, mahasiswa UNP Kediri yang pernah menggunakan ShopeePay dan minimal 2 kali transaksi. Hasil uji instrumen pada penelitian ini yaitu valid dan reliabel. Ada beberapa teknik analisis data yang digunakan seperti analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji linearitas, analisis regresi linear berganda, koefisian determinasi, dan uji hipotesis menggunakan software SPSS for windows versi 26. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa promosi, persepsi kemanfaatan, dan persepsi kemudahan berpengaruh secara parsial maupun secara simultan terhadap keputusan penggunaan ShopeePay.  Saran bagi perusahaan dapat memperbaiki dan meningkatkan faktor promosi, persepsi kemanfaatan dan kemudahan pada ShopeePay. Dan bagi peneliti selanjutnya dapat menggunakan variabel lain yang belum peneliti lakukan seperti variabel kepercayaan, keamanan, dan kepuasan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

simanis

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Prosiding Simposium Nasional Manajemen Bisnis menerbitkan penelitian dalam disiplin ilmu yang disediakan aplikasi untuk manajemen, serta penelitian di bidang-bidang seperti Manajemen Strategi, Manajemen Keuangan, Manajemen Operasi, Manajemen Pemasaran, Manajemen SDM, Teknologi Keuangan, ...