Prosiding Simposium Nasional Manajemen dan Bisnis
Vol. 3 (2024): Simposium Manajemen dan Bisnis

PENGARUH SHOPEE LIVE, GRATIS ONGKIR DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE (STUDI KASUS PADA MAHASISWA MANAJEMEN UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI)

Fenia Mahfudzoh (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Zulistiani Zulistiani (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Susi Damayanti (Universitas Nusantara PGRI Kediri)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah terdapat pengaruh shopee live, gratis ongkir, dan online customer review terhadap keputusan pembelian pada pengguna e-commerce shopee. Pendekatan yang diterapkan pada penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Menggunakan sam;pel sebayak 60 responden yang merupakan mahasiswa Manajemen Universitas Nusantara PGRI Kediri pengguna e-commerce shopee. Metode purposive sampling dan kuesioner yang disebarkan melalui g-form digunakan sebagai alat pengummpulan data. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan mengaplikasikan program SPSS versi 23. Simpulan dari penelitian mengindikasikan jika shopee live berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian secara parsial, gratis ongkir berpengaruh signifikan  terhadap keputusan pembelian secara parsial, dan online customer review tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian secara parsial. Shopee live, gratis ongkir, dan online customer review berpengaruh terhadap keputusan pembelian secara simultan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

simanis

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Prosiding Simposium Nasional Manajemen Bisnis menerbitkan penelitian dalam disiplin ilmu yang disediakan aplikasi untuk manajemen, serta penelitian di bidang-bidang seperti Manajemen Strategi, Manajemen Keuangan, Manajemen Operasi, Manajemen Pemasaran, Manajemen SDM, Teknologi Keuangan, ...