Prosiding Simposium Nasional Manajemen dan Bisnis
Vol. 3 (2024): Simposium Manajemen dan Bisnis

PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT, KENYAMANAN CAFE, DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA KEDAI MUTIA

Ananda Bayu Setiawan (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Edy Djoko Suprajitno (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Rino Sardanto (Universitas Nusantara PGRI Kediri)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh customer relationship management (CRM), kenyamanan cafe dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan yang dilakukan pada cafe Kedai Mutia dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini merupakan pelanggan dari Kedai Mutia dan menggunakan sampel sebanyak 63 responden. Menggunakan teknik analisis data dengan analisis regresi linier berganda yang dilakukan dengan bantuan aplikasi SPSS versi 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa customer relationship management dan kenyamanan cafe secara parsial tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada Kedai Mutia. Namun kepuasan pelanggan berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas pelanggan pada Kedai Mutia. Secara simultan customer relationship management (CRM), kenyamanan cafe dan kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada Kedai Mutia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

simanis

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Prosiding Simposium Nasional Manajemen Bisnis menerbitkan penelitian dalam disiplin ilmu yang disediakan aplikasi untuk manajemen, serta penelitian di bidang-bidang seperti Manajemen Strategi, Manajemen Keuangan, Manajemen Operasi, Manajemen Pemasaran, Manajemen SDM, Teknologi Keuangan, ...