Jurnal Bincang Komunikasi
Vol 1, No 1 (2023)

STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS DALAM MEMPROMOSIKAN BISNIS FASHION MECCANISM DI MASA PANDEMI COVID-19

Dewi Nur Azizah (Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Siska Yuningsih (Universitas Muhammadiyah Jakarta)



Article Info

Publish Date
04 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini di latar belakang oleh perkembangan fashion di Indonesia yang mengalami peningkatan yang cukup pesat. Pada tahun 2020 muncul wabah penyakit Covid-19. Adanya pandemi Covid-19 ini berdampak pada sektor-sektor yang ada, salah satunya industri fashion. Dalam mempertahankan bisnis fashion di masa pandemi Covid-19, diperlukan strategi-strategi yang tepat dan sesuai. Strategi Marketing Public Relations menjadi penting dalam mempromosikan perusahaan kepada konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pull strategy, push strategy, pass strategy yang digunakan Marketing Public Relations Meccanism dalam melakukan promosi di masa pandemi Covid-19, peluang dan hambatan yang dihadapi Marketing Public Relations Meccanism di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah bahwa pull strategy yang digunakan yaitu publikasi media (website dan media sosial) dan giveaway. Push strategy yang digunakan yaitu kerjasama e-commerce, event dan potongan harga, pass strategy yang digunakan yaitu sponsorship dan charity, peluang yang dihadapi yaitu semakin meningkat nya penggunaan gadget untuk mencari informasi, semakin meningkatnya keinginan masyarakat dalam mengikuti trend fashion saat ini. Hambatan yang dihadapi yaitu kurangnya komunikasi yang baik antar tim.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JBK

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Bincang Komunikasi is a peer reviewed journal. This national journal aims to disseminate the results of theoretical and applied research and discussions in communication science. The focus and scope of the Jurnal Bincang Komunikasi are Communication science studies in the fields of Public ...