cover
Contact Name
Mulkan Habibi
Contact Email
mulkan.habibi@umj.ac.id
Phone
+6281285780065
Journal Mail Official
jurnal.bincang.komunikasi@umj.ac.id
Editorial Address
Gedung FISIP Universitas Muhammadiyah Jakarta Kampus B Jl. KH Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Bincang Komunikasi
ISSN : -     EISSN : 29863678     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Bincang Komunikasi is a peer reviewed journal. This national journal aims to disseminate the results of theoretical and applied research and discussions in communication science. The focus and scope of the Jurnal Bincang Komunikasi are Communication science studies in the fields of Public Relations Advertising Broadcasting and Political Communication. Business Communication covering all areas of business communication but not limited to business composition and information systems but also international business communication management communication organizational and corporate communication. Marketing Communications involving all aspects of marketing and corporate communications branding both corporate and product related and promotional management including integrated marketing communications advertising public relations and broadcasting. Development Communication discusses the use of communication to facilitate social development encouraging the exchange of information to create positive social change through sustainable development. Others Social Communication Cultural Communication Intercultural Communication Interpersonal Communication Organizational Communication.
Articles 26 Documents
PENGARUH GAYA KOMUNIKASI PENYIAR TERHADAP MINAT DENGAR DAPUR REMAJA RADIO 107.8FM Helmy Yahya; Mulkan Habibi
Jurnal Bincang Komunikasi Vol 1, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/jbk.1.2.2023.68-76

Abstract

Penyiar harus menguasai cara mereka berbicara dengan memilih kata-kata yang tepat agar pendengar tetap mendengarkan mereka setiap kali mereka muncul. Penyiar di Radio Dapur Remaja 107.8FM berjuang untuk memajukan radio dan menyebarkan pesan informasi dan hiburan. Oleh karena itu, seorang penyiar harus menggunakan gaya komunikasi yang tepat untuk melibatkan pendengar dalam setiap program yang dibawakannya sehingga terdapat minat yang kuat oleh para pendengar atas program radio. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh gaya komunikasi penyiar terhadap minat pendengar Dapur Radio. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kuantitatif, menggunakan kuesioner online sebagai metode pengumpulan data. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa gaya komunikasi memberikan pengaruh yang signifikan terhadap minat pendengar dengan nilai R square sebesar 0,710 sisanya sebesar 19%, dipengaruhi oleh unsur-unsur yang tidak diperhitungkan dalam variabel penelitian. Berdasarkan hasil tersebut makan gaya komunikasi yang digunakan oleh penyiar dapur remaja radio mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap tingkat minat mendengarkan individu.
PENGARUH KESADARAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI KENANGAN (Survey Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Jakarta 2017) Doni Fransiska Dwi Saputra; Jamiati KN
Jurnal Bincang Komunikasi Vol 1, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/jbk.1.1.2023.61-69

Abstract

Perkembangan industri kuliner saat ini sangat berkembang pesat, terutama pada kategori industry minuman. Salah satu merek dalam kategori minuman yang sedang naik daun yaitu Kopi Kenangan. Eksistensi merek kopi kenangan memiliki kekuatan untuk mempengaruhi konsumen melakukan keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kesadaran Merek Kopi Kenangan, Keputusan Pembelian Kopi Kenangan, dan seberapa besar dan adakah pengaruh dari Kesadaran Merek terhadap Keputusan Pembelian Kopi Kenangan pada konsumen. Penelitian ini menggunakan 2 (dua) variabel yaitu Kesadaran Merek (Keller, 2013) dan Keputusan Pembelian (Kotler dan Keller, 2016). Dimensi Kesadaran Merek terdiri dari Unware of Brand, Brand Recognition, Brand Recall, dan Top of Mind. Sedangkan untuk dimensi Keputusan Pembelianm terdiri dari Problem Recognition, Information Search, Evalution of Alternative, Purchase Decision, dan Postpurchase Behavior. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Jakarta 2017, dan sampel dari penelitian ini berjumlah 73 orang. Dari hasil perhitungan untuk mengetahui pengaruh Kesadaran Merek terhadap Keputusan Pembelian Kopi Kenangan, dapat diketahui, nilai 0,725 menyatakan bahwa tingkat pengaruh variabel independent dikatakan “tinggi” terhadap variabel dependent. Lalu nilai R Square 0,526 menyatakan bahwa pengaruh variabel independent terhadap variabel dependent adalah 52,6%. Hasil uji hipotesis dengan taraf signifikansi 5% adalah 1,993. Karena nilai t hitung (8,826) > t tabel (1,993). Kesimpulan dari penelitian ini adalah kekuatan dari Kesadaran Merek dapat dikatekorikan tinggi dalam mempengaruhi Keputusan Pembelian Kopi Kenangan pada konsumen. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan yang telah dilakukan.
TINJAUAN ETIKA DAN HUKUM MEDIA PENYIARAN DALAM SINETRON INDIA “ASOKA” DI ANTV Satria Wira W; Rayhan Aydin Y; Faishal Ghifari; Fajar Junaedi
Jurnal Bincang Komunikasi Vol 2, No 1 (2024)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/jbk.2.1.2024.28-35

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meninjau aspek etika dan hukum media penyiaran dalam sinetron India "Asoka" yang disiarkan di ANTV. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui observasi terhadap tayangan sinetron dan analisis isi berdasarkan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) dan Undang-undang Penyiaran No. 32 Tahun 2002. Hasil penelitian menunjukkan adanya pelanggaran terhadap norma agama, kesusilaan, kesopanan, kekerasan, dan kebenaran dalam beberapa adegan sinetron. Rekomendasi diberikan kepada lembaga penyiaran dan Komisi Penyiaran Indonesia untuk meningkatkan kualitas isi siaran, mengedepankan fungsi edukasi, menghormati nilai budaya, menghargai hak penonton, serta melakukan pengawasan dan penegakan hukum secara efektif.
MANAJEMEN PROGRAM DAN DIGITALISASI RRI PRO 3 DALAM MENYAMPAIKAN PESAN-PESAN PEMBANGUNAN Anisa Fathuniyah; Sopian Sopian
Jurnal Bincang Komunikasi Vol 1, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/jbk.1.2.2023.31-41

Abstract

Persaingan ketat dalam industri media global dan digital, terutama dalam upaya mempertahankan audiens dan mendapatkan iklan, memerlukan strategi yang tepat. Khususnya dalam industri penyiaran, seperti stasiun radio, adaptasi terhadap perubahan sosial, teknologi, dan sumber daya manusia sangat penting. Beberapa penelitian terdahulu telah mencoba menjelaskan berbagai aspek dalam upaya mempertahankan minat pendengar, eksistensi radio, inovasi penyiaran, dan manajemen di era digital. Namun, ada kekosongan dalam penelitian terkait manajemen program dan digitalisasi pada Radio Republik Indonesia (RRI) Programa 3 (RRI Pro3) serta pesan-pesan pembangunan yang disiarkannya. Penelitian ini dilakukan karena RRI Pro3 memiliki peran unik dalam memberikan informasi edukasi yang "serius" dan karena programnya berorientasi pada pesan-pesan pembangunan yang penting untuk perubahan sosial yang positif. Selain itu, jangkauan siaran yang luas dan persaingan dengan stasiun radio swasta menambah kompleksitas tantangan yang perlu diatasi. Penelitian ini menggunakan grounded theory untuk mengembangkan konsep-konsep baru dalam manajemen program, dengan berfokus pada penggunaan platform digital/internet. Komunikasi pembangunan tetap penting untuk disiarkan oleh rri pro3, mengingat peran pemerintah dalam pembangunan di berbagai sektor.
STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS DALAM MEMPROMOSIKAN BISNIS FASHION MECCANISM DI MASA PANDEMI COVID-19 Dewi Nur Azizah; Siska Yuningsih
Jurnal Bincang Komunikasi Vol 1, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/jbk.1.1.2023.29-35

Abstract

Penelitian ini di latar belakang oleh perkembangan fashion di Indonesia yang mengalami peningkatan yang cukup pesat. Pada tahun 2020 muncul wabah penyakit Covid-19. Adanya pandemi Covid-19 ini berdampak pada sektor-sektor yang ada, salah satunya industri fashion. Dalam mempertahankan bisnis fashion di masa pandemi Covid-19, diperlukan strategi-strategi yang tepat dan sesuai. Strategi Marketing Public Relations menjadi penting dalam mempromosikan perusahaan kepada konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pull strategy, push strategy, pass strategy yang digunakan Marketing Public Relations Meccanism dalam melakukan promosi di masa pandemi Covid-19, peluang dan hambatan yang dihadapi Marketing Public Relations Meccanism di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah bahwa pull strategy yang digunakan yaitu publikasi media (website dan media sosial) dan giveaway. Push strategy yang digunakan yaitu kerjasama e-commerce, event dan potongan harga, pass strategy yang digunakan yaitu sponsorship dan charity, peluang yang dihadapi yaitu semakin meningkat nya penggunaan gadget untuk mencari informasi, semakin meningkatnya keinginan masyarakat dalam mengikuti trend fashion saat ini. Hambatan yang dihadapi yaitu kurangnya komunikasi yang baik antar tim.
AKTIVITAS KOMUNIKASI ANGGOTA MAHASISWA PECINTA FOTOGRAFI ANALOG DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (STUDI ETNOGRAFI KOMUNIKASI) Anggita Candra Adnaneswari; Nani Nurani Muksin; Linka Azzahra; Reidhia Salsabila Diyu
Jurnal Bincang Komunikasi Vol 1, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/jbk.1.2.2023.77-85

Abstract

Mahasiswa Pecinta Fotografi (MPF) Analog salah satu organisasi kemahasiswaan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta dengan berbagai program serta aktivitas keorganisasiannya, sebagai organisasi kampus yang cukup aktif dengan kegiatannya di media sosial, khususnya instagram menjadi media yang sangat banyak digunakan untuk perkembangan dan kemajuan organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas komunikasi yang dilakukan oleh anggota MPF Analog di media sosial Instagram dalam menyebarkan informasi dan kegiatan positif serta bermanfaat lainnya yang bertujuan untuk melancarkan setiap program yang diadakan oleh MPF Analog. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian etnografi virtual kualitatif dengan metode studi literatur, yang dilakukan dengan mengumpulkan data isi konten media sosial, platform media sosial, dan juga mengkaji buku-buku atau sumber bacaan seperti jurnal. Pada penelitian ini, menganalisis berdasarkan sumber yang memiliki relevansi dengan penelitian yang dilakukan yaitu isi konten terkait aktivitas komunikasi anggota MPF Analog di media sosial Instagram MPF Analog. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pola komunikasi instagram di MPF Analog sendiri memiliki banyak keunggulan baik secara internal maupun eksternal organisasi. Untuk menunjang keorganisasian MPF Analog memiliki media yang cukup aktif untuk keperluan organisasi, dan instagram menjadi media yang sangat membantu dalam berbagai aktivitas yang dilakukan. Optimalisasi di media sosial seperti instagram tentunya memiliki banyak dampak positif dalam keorganisasian
IMPLEMENTASI EMPLOYEE RELATIONS DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA POSITIF BNI FATMAWATI DI MASA PANDEMI COVID-19 Tarzani Tarzani; Lilik Sumarni
Jurnal Bincang Komunikasi Vol 1, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/jbk.1.1.2023.71-76

Abstract

Bagian ini memuat ringkasan riset/ kajian yang terdiri dari latar belakang, tujuan penelitian, metode penelitian, hasil Dalam menghadapi situasi pandemi saat ini mengingat terjadi nya banyak penurunan dari segi performa perusahaan yang dialami hampir semua sektor industri serta berdampak kepada kondisi Citra Perusahaan. BNI Fatmawati menggunakan momentum ini sebagai landasan untuk menerapkan dan mengimplementasikan employee relations dalam keberlangsungan bisnisnya demi mencapai performa perusahaan yang lebih baik dan berkelanjutan serta dapat mempertahankan kondisi citra perusahaan yang telah dibangun selama ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Implementasi employee relations BNI Fatmawati dalam mempertahankan citra positif organisasi.(2) Bentuk-bentuk program implementasi employee relations BNI Fatmawati.(3) Kondisi citra organisasi.(4) Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Hambatan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori employee relations menurut Ruslan. dan teori citra menurut Kotler&Keller. Penelitian ini menggunakan pendekatan dan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi dengan informan bagian Humas dan SDM. Untuk menguji keabsahan data, dilakukan uji triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini yaitu BNI Fatmawati melakukan implementasi employee relations melalui program-program seperti keterbukaan informasi manajemen, pendidikan dan pelatihan karyawan, penghargaan, special event, kemudian membentuk media komunikasi internal. Sehingga citra positif dapat dipertahankan dan implementasi employee relations ini mengalami beberapa peluang dan hambatan yang terjadi pada prosesnya.
MAKNA SAMPUL ALBUM “MISTERIA” GRUP MUSIK GOODNIGHT ELECTRIC (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES) Alfathan Putut Panggiring; Oktaviana Purnamasari
Jurnal Bincang Komunikasi Vol 1, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/jbk.1.1.2023.1-6

Abstract

Grup musik Goodnight Electric didirikan pada tahun 2003 dengan label musik indie dan genre pop elektronik. Pada tahun 2019-2020 Goodnight Electric menggagas album terbaru mereka, Album Misteria, yang menjadi album pembeda dari album lainnya. Sampul album juga memiliki elemen desain yang cukup unik, sehingga menarik untuk diulas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna denotasi, konotasi, dan mitos pada cover Album Misteria. Teori yang digunakan adalah teori semiotika Roland Barthes yang memiliki tiga tingkat signifikansi yaitu denotasi, konotasi dan mitos. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, serta metode dalam penelitian ini menggunakan metode semiotika Roland Barthes. Untuk menguji keabsahan data digunakan triangulasi sumber dengan dua sumber. Hasil yang diperoleh dari tingkat denotasi yaitu pada cover Album Misteria terdapat penggunaan logo pada Album Misteria, foto personel Goodnight Electric, kata Misteri, warna background cover album, dan garis gelombang. Pada tataran konotasi, Goodnight Electric memiliki harapan baru untuk masa depan melalui update yang dilakukan, dalam kondisi saat ini GE juga memiliki rasa optimisme yang tinggi untuk dapat selalu menghasilkan karya-karya yang menarik dan dapat diterima oleh pecinta musik indi. Pada tataran mitos, genre musik psychedelic negatif bisa menjadi karya musik yang menarik jika dilihat dari sisi positifnya, seperti yang dilakukan grup musik Goodnight Electric dalam Album Misteria.
PELANGGARAN ETIKA PENGGUNAAN FOTO BAYI DALAM BILLBOARD BRAND LE MINERALE Putri Angelitta; Maulida Ayu Ramadhani; Fajar Junaedi
Jurnal Bincang Komunikasi Vol 2, No 1 (2024)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/jbk.2.1.2024.36-42

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pelanggaran etika periklanan yang terjadi pada billboard Le Minerale yang menampilkan foto bayi tanpa didampingi orang tua. Fokus dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi pelanggaran etika pada iklan Le MInerale. Sesuai rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu meninjau etika penggunaan foto bayi pada iklan Le Minerale berdasarkan Etika Pariwara Indonesia, maka itu penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan bahwa iklan Le Minerale telah melanggar etika periklanan dalam Etika Pariwara Indonesia dalam penyalahgunaan penggunaan pemeran iklan.
IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PEMASARAN KOPI LIMA DETIK DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE Pingkan Wangko; Oktaviana Purnamasari
Jurnal Bincang Komunikasi Vol 1, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/jbk.1.2.2023.42-48

Abstract

Pertumbuhan perdagangan kopi di Indonesia saat ini sangat berkembang pesat, salah satunya yaitu Kopi Lima Detik yang telah berhasil didirikan pada masa pandemic Covid-19 dan telah mempunyai 7 gerai di Jabodetabek 1 gerai di Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi implementasi komunikasi pemasaran Kopi Lima Detik dalam membangun brand image. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Lalu data yang didapat dan terkumpul secara komperhensif selanjutnya dianalisis dengan beberapa cara yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi komunikasi pemasaran Kopi Lima Detik menggunakan advertising yang dilakukan menggunakan new media Instagram dan Tiktok. Kegiatan personal selling dilakukan dengan dengan memberikan edukasi dan arahan pada karyawan agar komunikatif dengan pelanggan dalam memberikan pilihan menu dan menawarkan promo. Sales promotion dilakukan memberikan variasi promo seperti paket bundling makanan, potongan harga, dan buy one get one. Memlihara dan membangun hubungan baik dengan masyarakat, pemerintah serta pemegang saham sebagai kegiatan public relations serta kegiatan direct and digital marketing yang dilakukan yaitu dengan mengirimkan pesan Whatsapp kepada pelanggan mengenai promo serta melakukan penjualan online melalui Gofood, Grabfood, Shopeefood dan Tokopedia

Page 1 of 3 | Total Record : 26