Jurnal Bincang Komunikasi
Vol 1, No 2 (2023)

PELANGGARAN ETIKA PARIWARA INDONESIA DALAM IKLAN TVC PARAMEX DAN GARNIER MICELLAR WATER TAHUN 2023

Muhammad Rizky Fauzan (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)
Bazlin Fania Farransahad (Unknown)
Nely Rahmawati (Unknown)
Fajar Junaedi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini menggambarkan mengenai Pelanggaran Etika Pariwara Indonesia dalam Iklan TVC Paramex dan Garnier Micellar Water Tahun 2023 dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menjawab rumusan masalah, yaitu tentang bagaimana pelanggaran etika pariwara Indonesia terjadi pada iklan Paramex dan Garnier Micellar Water. Penelitian kualitatif merupakan suatu bentuk penelitian dengan tujuan untuk memperoleh pemahaman yang lebih dalam mengenai fenomena masalah. Berdasarkan dengan hasil penelitian iklan televisi Paramex nyeri otot dan Garnier Micellar Water melanggar ketentuan yang ada dalam Etika Pariwara Indonesia. Paramex menampilkan adegan yang kurang etis serta mengucapkan kata yang ambigu untuk disematkan pada iklan obat pereda nyeri. Sedangkan Garnier Micellar Water memuat klaim bahwa segmentasi produk tersebut adalah nomor satu di Indonesia.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JBK

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Bincang Komunikasi is a peer reviewed journal. This national journal aims to disseminate the results of theoretical and applied research and discussions in communication science. The focus and scope of the Jurnal Bincang Komunikasi are Communication science studies in the fields of Public ...