Jurnal Bincang Komunikasi
Vol 1, No 1 (2023)

PENGARUH BRAND ACTIVATION TRI INDONESIA DI INSTAGRAM TERHADAP MINAT BELI PERDANA H3RO

Bias Agprisyanda Putri (Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Jamiati KN (Universitas Muhammadiyah Jakarta)



Article Info

Publish Date
04 Mar 2023

Abstract

Salah satu perusahaan telekomunikasi yang memberikan layanan khusus untuk bermain game mobile, yaitu Tri Indonesia dengan mengeluarkan perdana H3RO. Tujuan dari penelitian ini untuk mengukur brand activation yang dilakukan Tri Indonesia di Instagram pada followers Tri Indonesia, minat beli perdana H3RO pada followers akun Instagram Tri Indonesia, pengaruh brand activation di Instagram Tri Indonesia terhadap minat beli perdana H3RO. Teori yang digunakan adalah brand activation meliputi sense, feel/relate, think, dan act serta minat beli meliputi transaksional, referensial, preferensial, dan eksploratif. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode survey. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner yang diberikan kepada 95 responden pada followers akun Instagram @triindonesia. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan metode simple random sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh Brand Activation Tri Indonesia di Instagram secara keseluruhan responden merespon setuju, serta peengaruh Brand Activation terhadap Minat Beli secara keseluruhan responden merespon setuju dari semua pernyataan variabel Y di kuesioner penelitian, dan besarnya pengaruh Brand Activation Tri Indonesia di Instagram memiliki hubungan positif dan kuat sebesar 0,663 terhadap minat beli perdana H3RO pada followers Instagram @triindonesia dengan presentase Brand Activation mempengaruhi Minat Beli sebesar 44% dan sementara sisanya 56% dipengaruhi oleh faktor lain.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JBK

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Bincang Komunikasi is a peer reviewed journal. This national journal aims to disseminate the results of theoretical and applied research and discussions in communication science. The focus and scope of the Jurnal Bincang Komunikasi are Communication science studies in the fields of Public ...