TARBIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol 2, No 1 (2023): Tarbiyah : Jurnal Pendidikan Agama Islam

PENDIDIKAN KARAKTER DITINJAU DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (RELEVANSI PEMIKIRAN KI HAJAR DEWANTARA DAN IBNU MISKAWAIH)

Ririn Rahmawati (IAI Al Muhammad Cepu)
Ahmad Anwar (IAI Al Muhammad Cepu)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2023

Abstract

Pendidikan karakter sudah lama dibicarakan, namun belum membawa perubahan yang signifikan bagi dunia pendidikan, sebaliknya. Semua elemen diharapkan dapat bekerja sama dalam menyelesaikan masalah ini. Di kalangan orang tua, guru dan masyarakat dapat memberikan contoh dan pengajaran terkait pendidikan karakter dengan melihat Ki Hajar Dewantara dan Ibnu Miskawaih. Kajian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan library research yang mengarah pada pemikiran karakter melalui sumber-sumber seperti dokumentasi, buku, dan jurnal. Dengan hasil penelitiannya adalah kedua tokoh tersebut memiliki konsep yang sama terkait pendidikan karakter yaitu mengedepankan aspek akhlak atau moral dalam pendidikan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

tarbiyah

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

TARBIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam. ISSN: 2985-5233 is the Islamic Educational Research Journal published every six months in June and December by the Prodi PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAI Al Muhammad Cepu, Blora, Jawa Tengah, Indonesia. The journal focuses its scope on the issues ...